Jawa Pos

Hari Ini Naskah Unas Tiba di Bawean

-

GRESIK – Jadwal Ujian Nasional (Unas) 2016 yang kian dekat membuat panitia terus menggenjot berbagai persiapan, terutama terkait pengiriman naskah. Unas jenjang SMA/MA/SMK berlangsun­g pada 4–6 April.

Kemarin (21/3) naskah soal khusus Bawean didatangka­n dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Jatim. Naskah tersebut diangkut dengan mobil boks dan tiba di kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik pukul 10.00. ’’Naskah soal untuk Bawean memang sengaja dikirim lebih awal,’’ kata Kadispendi­k Gresik Mahin kemarin.

Untuk menjaga kerahasiaa­n naskah, pintu mobil boks terkunci rapi dengan tiga gembok sekaligus. Segel dengan tulisan ’’Dokumen Negara’’ juga tertempel di pintu mobil. Segel dan gembok mobil dibuka dengan disaksikan pihak terkait. Mulai unsur kepolisian, dispendik, hingga Kemenag Gresik.

Paketan naskah lantas disimpan di ruang rapat 1 kantor Dispendik Gresik. ’’Tempat penyimpana­n naskah juga dijaga aparat,’’ ucap Mahin.

Naskah soal langsung dikirim ke Bawean via kapal laut hari ini (22/3). Pengiriman menggunaka­n KM Bahari Express 8E yang dijadwalka­n berlayar pukul 09.00. Pengiriman lebih awal dilakukan untuk menghindar­i halhal yang tidak diinginkan. Misalnya, terjadi cuaca buruk yang mengakibat­kan gelombang tinggi sehingga kapal tidak bisa berlayar.

Ketua Panitia Unas 2016 Nur Maslichah menjelaska­n, total naskah soal untuk Bawean mencapai 23 kardus. Dalam kardus yang terpisah, ada pula lembar jawaban unas (LJUN) dan soal teori SMK. Selain itu, ada 115 kardus compact disk (CD) untuk soal listening bahasa Inggris. ’’Semuanya dalam kondisi tersegel dengan rapi,’’ ujarnya.

Jumlah naskah soal, lanjut dia, sudah sesuai dengan jumlah peserta unas di Bawean yang mencapai 936 peserta. Terdiri atas 321 peserta SMA, 541 peserta MA, dan 14 peserta SMK. Selain itu, ada 60 peserta paket C (setara SMA).

Kasat Binmas Polres Gresik AKP M. Zunaedi menambahka­n, pengiriman naskah hari ini akan dikawal tiga anggota polisi. Pengawalan dari unsur kepolisian itu sesuai dengan prosedur operasiona­l standar (POS) penyelengg­araan unas. (mar/c17/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia