Jawa Pos

Berbagi Trik ala Chef Hanson Wong

-

SURABAYA – Sejak Hanson Wong menjuarai

akhir tahun lalu, namanya langsung melejit di dunia masak-memasak Indonesia. Pria asli Jakarta itu dianggap berhasil mengharumk­an nama bangsa dalam ajang yang digagas salah satu televisi berbasis kabel, Asian Food Channel ( AFC), tersebut. Hanson berhasil mengalahka­n sebelas kontestan lain dari berbagai negara di Asia.

Berkompeti­si sekitar sebulan, mulai pertengaha­n Agustus 2015 hingga September 2015. Hanson berkesempa­tan melancong ke enam kota di Filipina selama kompetisi berlangsun­g. Dia juga merasakan keragaman masakan di kota-kota itu yang lantas dikombinas­ikan dengan keahlian memasaknya. ”Saya memadukan beberapa masakan Indonesia. Malah justru itu yang bikin saya menang,” ujarnya, lantas tertawa.

Pria yang memiliki latar belakang ilmu arsitektur tersebut bercerita, salah satu yang paling dike- nalnya adalah memasak salah satu menu ikan di negeri itu yang dikombinas­ikan dengan sambal ijo. Rasa cabai dan rempah-rempah yang khas Indonesia ternyata mampu menghipnot­is para juri sehingga Hanson terus melaju dan menjadi juara. ”Saya pelajari dulu masakannya sebe- lum lomba, lalu saya kombinasik­an dengan menu tradisiona­l Indonesia,” terangnya.

Pengalaman berharga selama berkompeti­si hingga menjadi juara itulah yang kemarin (21/3) dia bagi kepada pencinta kuliner di Surabaya. Dengan memakai kemeja kotak-kotak, pria berusia 38 tahun tersebut memberikan beberapa ilmu tentang masakmemas­ak. Misalnya cara membuat salad, mengenal beragam bumbu, bahkan sekadar berbagai cerita tentang pengalaman menyusuri daerah terpencil di Filipina selama kompetisi. ”Sebenarnya masakan di sana tidak beda jauh sama Indonesia. Cuma dari rasa saja agak beda. Enakan di sini sih,” terangnya.

Adria Gabriella Chandra, salah seorang pencinta kuliner yang kemarin hadir, mengaku senang karena bisa mendapat ilmu dari Hanson. Dia, yang mengaku juga tertarik untuk menjadi seorang chef, kagum akan kegigihan Hanson saat berkompeti­si.

Alumnus Universita­s Ciputra itu menilai Indonesia punya potensi yang sangat besar di bidang kuliner. Banyaknya chef hebat dari Indonesia yang selalu membawa ”rasa Nusantara” di berbagai menu internasio­nal bisa menjadi pertanda bahwa kuliner Indonesia akan semakin maju di masa depan. (rid/c11/any) sushi, salmon skin fried, ebiten floss, mon mentai sushi

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? The Amazing Food Challenge: Fun in the Philippine­s Season 3 BONGKAR RAHASIA: Chef Hanson Wong tidak hanya berbagi pengalaman selama ikut lomba, tapi juga resep andalannya.
ARYA DHITYA/JAWA POS The Amazing Food Challenge: Fun in the Philippine­s Season 3 BONGKAR RAHASIA: Chef Hanson Wong tidak hanya berbagi pengalaman selama ikut lomba, tapi juga resep andalannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia