Jawa Pos

Suka Masakan Jepang karena Anime

-

MIKHAEL Novan sangat menggemari masakan Jepang. di Marvell City Mall Surabaya itu menikmati makanan khas Jepang minimal tiga kali dalam sepekan. Kalau dia sedang ’’gila’’, makanan seperti

ataupun dinikmatin­ya setiap hari secara berselang-seling.

Bahkan, bukan hanya makanan kelas berat, camilan ataupun minuman ’’ berbau’’ Negeri Sakura tersebut selalu mencuri perhatiann­ya. Berbagai daun teh hijau alami, snack rumput laut asli Jepang, dan berbagai permen bertulisan kanji juga disukai Novan. ’’Di dalam tas kerja saya, selalu ada snack yang hanya bisa ditemukan di Jepang,’’ ucapnya, lantas tersenyum.

Kecanduann­ya dengan makanan dan minuman berbau Jepang itu baru dimulai 4–5 tahun belakangan ini. Pria berusia 29 tahun tersebut menyatakan bahwa alasannya bukan kenikmatan atau kelezatan. Tetapi, dia lebih menuruti keinginan karena terpengaru­h berbagai serial anime kegemarann­ya.

Novan juga heran dengan kegemarann­ya tersebut. Beberapa kawannya yang sama-sama menggilai anime sepertinya justru memilih mengoleksi action figure ataupun membuat kostum cosplay. Pria yang lahir 16 November 1986 itu malah memilih makanan dan minuman yang dilihatnya di berbagai serial anime. ’’Aneh ya? Teman-teman saya juga bilang gitu,’’ ujar pria yang suka menonton anime bergenre romantic fantasy tersebut.

Novan mengakui, awalnya memang ada rasa mual ketika dirinya mengonsums­i makanan seperti sushi yang menggunaka­n daging mentah di dalamnya. Maklum, pria yang besar di Malang itu sudah terbiasa mengonsums­i makanan Indonesia yang lezat dan memakai bahan yang matang. ’’ Tapi, bayangan jadi Kenshin Himura (salah satu karakter anime) yang sedang mengonsums­i makanan Jepang membuat saya bisa menahan mual itu kali pertama,’’ jelasnya, lalu tertawa. ’’Makanan Jepang itu juga menyehatka­n. Banyak gizi di dalamnya yang baik untuk tubuh lho,’’ ungkapnya. (rid/c14/any)

 ?? FARID S. MAULANA/ JAWA POS ?? Marketing and communicat­ion manager
salSUSHI MANIA: Mikhael Novan, marketing and communicat­ion manager Marvell City Mall.
FARID S. MAULANA/ JAWA POS Marketing and communicat­ion manager salSUSHI MANIA: Mikhael Novan, marketing and communicat­ion manager Marvell City Mall.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia