Jawa Pos

Mulai Pelatihan Tingkat Daerah

-

JAKARTA – Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) kian intensif melakukan pelatihan Kurikulum 2013. Pelatihan itu ditujukan kepada instruktur tingkat provinsi, guru, serta kepala sekolah di kabupaten/kota. Pelatihan jenjang daerah tersebut ditargetka­n tuntas sebelum akhir Juli untuk menyambut tahun pelajaran baru 2016–2017 yang semakin dekat.

Mendikbud Anies Baswedan menuturkan, sesuai kalender akademik, tahun pelajaran baru dimulai akhir Juli 2016. ”Untuk itu, pelatihan K-13 di level daerah dimulai pekan kedua April,” katanya di Jakarta kemarin. Dia menuturkan, sasaran pelatihan sangat banyak karena jumlah sekolah yang mengimplem­entasikan K-13 tahun ini naik dari 9 persen menjadi 25 persen. Mantan rektor Universita­s Paramadina itu mengatakan, sasaran pelatihan kelompok instruktur provinsi (IP) adalah 3.661 orang. Kemendikbu­d sudah menyiapkan 632 instruktur nasional (IN) untuk melatih mereka. Setelah menjalani pelatihan dan lulus tes sebagai IP, mereka wajib melatih instruktur kabupaten/kota (IK). Kemendikbu­d mematok jumlah IK sebanyak 66.564 orang.

”Baru setelah itu, tugas IK yang melatih guru-guru dan kepala sekolah,” kata Anies. Total guru dan kepala sekolah yang akan dilatih K-13 tahun ini adalah 285.698 orang. Anies menekankan, dalam setiap kegiatan pelatihan, instruktur harus menjadi fasilitato­r. Tidak boleh menggurui peserta pelatihan.

Pelatihan K-13 juga tidak boleh dijalankan asalasalan dan dilaksanak­an selama 52 jam pelajaran. Dengan demikian, tidak ada lagi gejolak guru belum siap atau kerepotan dalam mengajar berbasis K-13 yang sudah diperbaiki itu. (wan/c10/sof)

 ?? DOK. JAWA POS ?? Anies Baswedan
DOK. JAWA POS Anies Baswedan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia