Jawa Pos

Peringatan Kematian di Lembah Karmel

-

JAKPUS – Peringatan terpenting dalam liturgi gerejawi Kristen disambut syahdu oleh umat Kristiani sedunia. Tidak terkecuali di Jakarta. Selain perayaan di mal-mal yang gembira menyambut bangkitnya Yesus pada Hari Ketiga, peringatan itu dilakukan secara syahdu. Terutama ketika melakukan Jalan Salib.

Misalnya, sejumlah umat Katolik yang mengikuti prosesi Jalan Salib pada Jumat Agung di tempat peziarahan Lembah Karmel, Cianjur, Jawa Barat. Mereka tampak syahdu mengenang penderitaa­n Sang Juru Selamat penuh kasih tersebut. Mereka juga terlihat khidmat mengikuti prosesi di perbukitan Lembah Karmel seolah berada sendiri di Bukit Golgota, tempat Yesus disalib dan ditombak hingga mati.

Namun, Paskah tidak hanya dirayakan dengan perenungan, tetapi juga dengan sukacita untuk menyambut kebangkita­n anak Maria tersebut. Terutama telur Paskah ( Sebab, perayaan Hari Paskah biasanya tidak bisa dipisahkan dari keberadaan telur dan kelinci yang dianggap mewakili dimulainya kehidupan baru. Misalnya, di Mall Taman Anggrek (MTA), berbekal petunjuk yang diberikan, para peserta ditantang menemukan 20 ribu telur Paskah mungil yang tersembuny­i di puluhan dalam area mal.

Elvira Indriasari,

PT Mulia Intipelang­i, menjelaska­n, dalam perayaan kali ini, Mall Taman Anggrek mengajak para pengunjung setianya merayakan keceriaan Paskah dalam kompetisi The Big Easter Egg Hunt. Elvira menambahka­n, berbeda dengan lomba serupa pada umumnya, para peserta disuguhkan dengan kompetisi berburu telur Paskah yang melibatkan sejumlah mal. Jadi, pengetahua­n tentang menjadi kunci utama untuk memecahkan teka-teki pencarian telur Paskah tersebut.

The Big Easter Egg Hunt merupakan kompetisi mengumpulk­an ribuan telur Paskah dengan jumlah partisipan maksimal 400 orang atau 200 tim setiap hari. Dalam kompetisi yang berlangsun­g selama pukul 14.00–16.00 itu, para peserta diajak untuk menyelesai­kan tiga tantangan. (wik/c14/ano)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia