Jawa Pos

Eksporter Bunga Krisan

-

MUFIDAH Jusuf Kalla kini menyandang predikat baru. Selain ibu wakil presiden, perempuan kelahiran Sibolga, Sumatera Utara, 12 Februari 1943, itu kini menyandang predikat eksporter bunga krisan.

Sejak bulan lalu, PT Bunga Indah Malino (BIM) milik istri Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut memang melakukan ekspor perdana bunga krisan ke Osaka, Jepang. ”Ini semua sebenarnya berawal dari hobi,” ujarnya.

Ibu lima anak berdarah Minang itu memang sudah lama menekuni hobi bercocok tanam, khususnya anggrek. Bahkan, bunga anggrek hasil perkebunan­nya di Gowa, Sulawesi Selatan, sudah banyak dibeli masyarakat. ”Namun, kalau anggrek harganya memang agak mahal. Sehingga ada yang menyaranka­n untuk membudiday­akan krisan yang harganya lebih terjangkau,” papar Mufidah.

Rupanya, peminat bunga krisan bukan hanya masyarakat Indonesia, tapi juga Jepang. Karena itu, pengusaha dari Negeri Sakura pun akhirnya tertarik mendatangk­an bunga krisan dari perkebunan PT BIM. ”Untuk ekspor perdana sebanyak 6 ribu batang. Selanjutny­a akan ditambah karena permintaan sangat tinggi,” ucapnya.

Budi daya bunga krisan juga menjadi cara Mufidah untuk lebih banyak merangkul petani di Sulawesi Selatan. Sebab, pasar ekspor bunga, khususnya di Jepang, sangat potensial untuk digarap. Sehingga bisa menjadi alternatif baru bagi para petani. ”Makanya, saya ingin membuat green house lebih banyak dan mengajari petani bagaimana budi daya krisan,” katanya. (owi/c9/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia