Jawa Pos

Noda pada Laga Ke-100

-

@CLAUDIOBra­vo membuat sejarah sebagai pemain pertama yang mencapai 100 laga untuk #LaRoja. Hebat kapten! #Bravo100. Begitu bunyi kicauan di akun Twitter resmi timnas Cile, @LaRoja. Tweet itu muncul di sela-sela jalannya pertanding­an melawan Argentina Jumat pagi WIB (25/3).

Kicauan itu khusus diberikan kepada penjaga gawang sekaligus kapten timnas Cile Claudio Bravo. Sebab, laga menjamu Argentina kemarin merupakan caps ke-1 Bravo bersama –La Roja– julukan timnas Cile. Sayangnya, tidak ada memori manis yang bisa diukir Bravo dalam laga ke-100-nya.

Selain Cile kalah 1-2, kolega Lionel Messi di Barcelona itu menerima kartu kuning pada menit ke-90+3. Kartu kuning tersebut merupakan yang kedua setelah menerima hukuman serupa pada laga melawan Kolombia (13/11).

Hasilnya, pemain berusia 32 tahun tersebut harus absen dalam laga berikutnya kontra Venezuela (30/3). Bravo pun harus kembali ke Barcelona lebih awal. ’’Sangat menyedihka­n. Siapa pun pasti ingin tetap bisa bermain setelah mencapai laga ke-100

’’Saya juga demikian,’’ kata Bravo sebagaiman­a dikutip Mundo Deportivo.

Kartu kuning tersebut diberikan wasit setelah Bravo melanggar Sergio Romero. Bravo ketika itu ikut naik membantu serangan pada menit-menit terakhir. Dalam pengakuann­ya, dia sama sekali tidak menyesali kar tu kuning yang didapat. Meski dia harus menunggu laga ke-101-nya dalam laga melawan Argentina di Copa America Centenario pada 6 Juni mendatang.

’’Situasinya sangat pelik,’’ ucapnya. ’’Akan sangat berisiko jika saya membiarkan Romero tetap bebas dan berniat mencetak gol. Ini tidak seburuk seperti yang kalian pikirkan,’’ lanjutnya.

Absennya Bravo membuat beban Juan Antonio Pizzi semakin berat. Sebab, dalam empat laga kualifikas­i Piala Dunia 2018 sebelumnya, Bravo nyaris tidak tergantika­n. Bravo melakukan 2,5 penyelamat­an per laga sepanjang kualifikas­i. Na- mun, rasio kebobolann­ya juga lumayan tinggi. Yakni, 2,25 gol per laga. Pizzi rencananya memanggil penjaga gawang cadangan Bravo saat masih di Colo-Colo, Paulo Garces. Namun, situs Cooperativ­a mengklaim bahwa bukan Garces yang menggantik­an Bravo, melainkan Johnny Herrera yang sudah bermain 13 kali untuk Cile. (ren/c15/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia