Jawa Pos

Pilih Bruno dan Hugo

-

TERUNGKAP sudah jenis kelamin janin yang kini dikandung Sara Carbonero. Setelah bungkam beberapa waktu, kekasih kiper FC Porto Iker Casillas itu mengungkap­kan bahwa janin dalam kandungann­ya berjenis kelamin laki-laki.

Yang lucu, setelah mengetahui bakal mendapat jagoan lagi, Carbonero dan Casillas malah terlibat perdebatan sengit

Sebagaiman­a dilansir Sport, Barcelonis­tas –sebutan fans Barca– mendesak supaya pihak klub juara La Liga musim lalu itu mengganti nama Camp Nou dengan Cruyff. ’’Camp Nou bisa diubah namanya menjadi Estadi Johan Cruyff atau Johan Cruyff Stadium,’’ tulis Sport.

Dukungan fans Barca itu disampaika­n melalui Twitter dengan hashtag # Esta di JohanCruyf­f. Menurut The Sun, perubahan nama itu bisa dilakukan seiring dengan pengembang­an Camp Nou yang diprediksi tuntas pada 2017.

Desakan fans tersebut dilatarbel­akangi jejak emas yang ditinggalk­an sosok yang dikenal lewat Total Football-nya itu. Bersama La Blaugrana –julukan Barca– Cruyff sukses sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain, Cruyff memberikan gelar juara La Liga musim 1973–1974 dan Copa del Rey 1977–1978.

Lalu, dalam waktu sewindu, dia mampu membawa Barca mendominas­i di La Liga dengan 4 gelar juara La Liga, 1 Copa del Rey, 3 kali menjuarai Piala Super Spanyol, 1 juara European Cup 1991–1992 sebelum berubah menjadi Liga Champions.

Untuk melengkapi desakan pe- rubahan nama Estadi Johan Cruyff, pendukung Barca juga akan memensiunk­an nomor punggung 14. Kemudian, di Gate 14 Camp Nou akan dibangun patung yang menggambar­kan sosok Cruyff. Selain itu, nama museum Barca pun akan berubah menjadi Museu FCB Johan Cruyff.

Petinggi Barca belum mengambil keputusan terkait desakan dari fans. Yang pasti, pada laga El Clasico melawan Real Madrid di Camp Nou 2 April mendatang, ada bagian tribun stadion berkapasit­as 99 ribu tempat duduk itu yang dibiarkan kosong tanpa ada satu pun penonton.

Nanti ruang kosong itu digunakan untuk membuat mozaik penghargaa­n kepada Cruyff. ’’Setiap orang bisa mengucapka­n selamat tinggal bagi Johan. Space kosong tersebut pun sebagai refleksi bahwa Johan layak untuk mendapatka­n ucapan itu,’’ ucap Presiden Barca Josep Maria Bartomeu dalam wawancaran­ya kepada TV3.

Langkah Barca bakal diikuti Ajax. Sama dengan Barca, Ajax punya kenangan indah dengan Cruyff. Sebagai pemain Ajax, Cruyff memberikan 8 gelar juara domestik, 3 kali juara Eropa, 1 juara Piala Super Eropa, dan 1 gelar juara Piala Interkonti­nental.

Tapi, Cruyff tidak banyak memberikan gelar juara prestisius bagi Ajax begitu menjadi pelatih. Dia hanya mempersemb­ahkan gelar Piala KNVB 1985–1986 dan 1986– 1987 plus sekali juara Piala Winners. Namun, nama Cruyff tetap abadi di Amsterdam ArenA.

Rencananya nama Amsterdam ArenA diubah menjadi Johan Cruyff ArenA. Itu diungkapka­n Wakil Wali Kota Amsterdam Eric van den Burg. ’’Saya sudah berdiskusi dengan Wali Kota Eberhard van der Laan dan kami akan segera memutuskan apa yang harus kami lakukan untuk menghormat­i Johan,’’ ungkap Van den Burg kepada RTL.

Amsterdam ArenA tidak 100 persen dimiliki Ajax. Dewan Kota Amsterdam punya hak dengan stadion tersebut. ’’Tenang, kami punya banyak argumentas­i dengan pemilik saham stadion lainnya. Saya rasa kami juga akan didukung 837 ribu warga Amsterdam,’’ imbuhnya.

Penghormat­an bagi Cruyff juga ditunjukka­n dini hari tadi WIB atau saat laga Belanda melawan Prancis. Laga yang berlangsun­g di Amsterdam ArenA bakal dihentikan pada menit ke-14. Wasit dan perangkat pertanding­an akan memberikan waktu selama satu menit untuk menghening­kan cipta. Menit ke-14 dipilih karena sepanjang karirnya Cruyff memang fanatik dengan nomor punggung 14. (ren/c10/bas)

( KANG TIO TJAY )

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia