Jawa Pos

Taklukkan Lawan dan Ketinggian

-

LA PAZ – Kontribusi James Rodriguez buat Real Madrid memang mulai berkurang. Tapi, James tetap figur yang sangat sentral bagi timnas Kolombia. Peran itu ditunjukka­n kemarin, saat Kolombia menaklukka­n Bolivia 3-2 (2-0) di Estadio Hernando Siles, La Paz. James tak hanya menyumbang­kan satu gol pada menit kedelapan. Dia juga menjadi kreator lahirnya gol kedua Kolombia yang dilesakkan Carlos Bacca (41’). Gol penentu kemenangan Los Cafeteros –julukan Kolombia– dihasilkan lewat tendangan Edwin Cardona pada masa in

Tuan rumah hanya bisa mencetak dua gol melalui Juan Arce (50’) dan Alejandro Chumacero (62’).

Tiga poin dari La Paz sangat melegakan bagi James. Sebab, La Paz selama ini dikenal sebagai kuburan bagi tim-tim tamu. La Paz berada di dataran tinggi atau tepatnya 3.650 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan kadar oksigen yang tipis. Karena itu, tim tamu sering terkendala masalah stamina.

”Bermain di sini (La Paz, Red) memang melelahkan. Sebab, saat Anda berlari, rasanya sulit untuk bernapas,” kata James kepada Goal.

Gol ke gawang Bolivia kemarin juga menorehkan histori bagi James. Sebab, itu gol keseratus James sepanjang karir profesiona­lnya. Itu juga menjadi gol kesebelas James di ajang kualifikas­i Piala Dunia. Pemain 24 tahun tersebut berhasil melewati rekor Radamel Falcao yang baru melesakkan sepuluh gol di kualifikas­i.

James puas karena bisa mencatat gol keseratus di La Paz. ”Gol keseratus saya sangat unik. Sebab, saya mencatatny­a di sini (La Paz, Red),” ucap mantan penggawa AS Monaco itu. ”Saya puas dan ingin selalu berkontrib­usi,” katanya. (irr/c11/bas)

 ?? DAVID MERCADO/REUTERS ?? PALING PRODUKTIF: James Rodriguez (kanan) berusaha melewati hadangan bek Bolivia Juan Arce.
jury time.
DAVID MERCADO/REUTERS PALING PRODUKTIF: James Rodriguez (kanan) berusaha melewati hadangan bek Bolivia Juan Arce. jury time.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia