Jawa Pos

Jawaban dari Penyerang Veteran

-

UDINE – Lebih dari lima tahun absen membela timnas Spanyol, Aritz Aduriz langsung moncer. Penyerang 35 tahun itu mencetak sebiji gol ke gawang Italia pada laga uji coba di Stadion Friuli, Udine, kemarin dini hari. Gol Aduriz lahir tiga menit setelah Lorenzo Insigne membawa tuan rumah unggul pada menit ke-67.

Skor 1-1 mengakhiri rekor tujuh kemenangan beruntun yang diukir Spanyol di semua ajang. Meski begitu, La Furia Roja –julukan timnas Spanyol– gagal mempertaha­nkan catatan tidak kebobolan alias clean sheet yang sudah berjalan enam pertanding­an terakhir.

Usai laga, entrenador Spanyol Vicente del Bosque memuji performa Aduriz. ’’Dia beradaptas­i dengan permainan kami secara sempurna,’’ ujarnya seperti dilansir Goal.

Aduriz kali terakhir berkostum Spanyol saat melawan Lithuania dalam kualifikas­i Euro 2012 pada Oktober 2010. Setelah itu, dia kehilangan tempat di timnas. Nah, Del Bosque kembali memanggil penyerang Athletic Bilbao tersebut seiring dengan absennya striker Chelsea Diego Costa.

Pada menit ke-20, terjadi insiden konyol yang menimpa Del Bosque. Pelatih 65 tahun itu tersungkur di pinggir lapangan. Sebab, hakim garis tidak melihat keberadaan Del Bosque yang sedang memberikan instruksi kepada anak buahnya. Insiden tersebut kontan memancing tawa para penonton.

Laga itu dimanfaatk­an kedua kubu untuk menjajal kekuatan tim. Italia kehilangan duo gelandang Claudio Marchisio dan Marco Verratti. Selain itu, Gli Azzurri –julukan Italia– tidak bisa memainkan bek Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli.

Meski hanya bermain imbang, allenatore Italia Antonio Conte puas dengan performa timnya. ’’Kami menunjukka­n sikap yang bagus. Saya mendapat jawaban yang saya cari di pertanding­an lawan tim kuat semacam Spanyol,’’ katanya. ’’Sekarang kami harus terus bekerja dengan kerendahan hati dan fokus pada antusiasme dan keinginan seperti ini,’’ ujarnya. (okt/c23/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia