Jawa Pos

Logout Mendadak karena Listrik Drop

Puspendik Perpanjang Waktu Timeout Session saat UNBK

-

SURABAYA – Saat geladi bersih ujian nasional berbasis komputer (UNBK), masih banyak ditemukan kendala pada sistem. Logout tibatiba di tengah mengerjaka­n soal menjadi kendala yang sering dialami siswa di beberapa sekolah. Bukan karena timeout session ( layar monitor diam/ nganggur) sebagaiman­a analisis selama ini, Puspendik beralasan, kendala tersebut disebabkan turunnya tegangan listrik di sekolah.

Ketua Tim UNBK Puspendik Handaru Catu Bagus menyatakan, pihaknya mendapatka­n banyak laporan di beberapa daerah terkait kejadian logout tiba-tiba. Salah satunya Surabaya.

’’ Dugaan awal kami adalah timeout session. Namun, setelah berdiskusi dengan beberapa proctor sekolah, logout tiba-tiba disebabkan listrik,’’ paparnya.

Sistem UNBK, lanjut Handaru, menggunaka­n teknologi incognito (terekam) dalam browser. Lalu, jika ada kabel atau switch di sekolah yang terputus akibat tegangan listrik turun, memorinya akan hilang

’’ Nah, kejadian ini yang mengakibat­kan logout tiba-tiba saat siswa mengerjaka­n soal,’’ paparnya.

Jika mengalami kendala tersebut, siswa bisa berpeluang menyebar ke siswa lainnya dalam satu ruang ujian. ’’Kalau dalam satu switch, ya lainnya dapat mengalami kejadian sama,’’ jelas Handaru.

Meski begitu, Handaru menuturkan, kondisi tersebut tidak membuat siswa harus mengulang dari awal. Setelah login ulang dengan password dan username masingmasi­ng, siswa bisa lanjut mengerjaka­n soal UNBK. ’’Jawaban yang sudah terjawab sebelum logout masih tersimpan. Waktu pengerjaan juga tidak terpotong akibat logout tiba-tiba,’’ kata Handaru.

Dengan begitu, dia mengimbau siswa agar tidak perlu tegang maupun panik. Saat mengalami kejadian tersebut, siswa bisa langsung melapor ke proctor di ruang ujian. Lalu, proctor akan memberikan token baru agar siswa dapat mengerjaka­n soal UNBK kembali.

Tim UNBK Puspendik juga sudah menyosiali­sasikan hal tersebut ke seluruh proctor. Sekolah bisa mencegah kejadian logout tiba-tiba tidak terulang saat geladi bersih maupun pelaksanaa­n UNBK pada 4 April mendatang. ’’Tim proctor dapat memasang stabilisat­or atau UPS di switch tersebut. Jadi, dapat menstabilk­an tegangan listrik,’’ ungkap Handaru.

Dia menjelaska­n, sistem UNBK memang sengaja diprogram menggunaka­n timeout session. Tujuannya, sebagai pengamanan dalam sistem UNBK. Handaru mencontohk­an sistem e-mail. Setiap orang pasti tidak mengingink­an isi e-mail dilihat orang lain. Namun, seseorang kadang lupa me- logout e-mail tersebut. Akibatnya, sistem akan di- hack orang lain. ’’Itulah fungsi timeout session. Agar saat orang lupa tidak logout, sistem tetap aman,’’ jelas Handaru.

Karena sistem UNBK menggunaka­n teknologi web, lanjut dia, pengamanan dari hacker harus dimaksimal­kan. Tim UNBK Puspendik sudah mengatur timeout session selama 90 menit. Artinya, saat siswa tidak melakukan aktivasi aplikasi UNBK selama 90 menit, aplikasi akan logout secara otomatis. ’’Aktivasi seperti menggeraka­n mouse atau kegiatan apa pun yang menggunaka­n aplikasi UNBK,’’ ujarnya.

Namun, Handaru menerangka­n, pihaknya akan memperpanj­ang timeout session menjadi 120 menit. Perpanjang­an tersebut disesuaika­n dengan waktu pengerjaan siswa dalam satu mata pelajaran (mapel) UNBK. Menurut Handaru, waktu tersebut sudah dikatakan lama. ’’Tidak mungkin juga siswa membiarkan aplikasi UNBK selama itu. Namun, ini juga membantu kekawatira­n dari logout tiba-tiba,’’ papar Handaru.

Sementara itu, dia melanjutka­n, server utama berperan penting saat pelaksanaa­n UNBK. Namun, saat terkendala, sekolah masih memiliki server cadangan. ’’Kalau ada kendala apa pun, segera lapor. Jadi, dapat diberikan solusi secepatnya,’’ ungkapnya. Termasuk kendala server ketika mengalami bitlocker atau terkunci karena salah password. Server terkunci dan tidak bisa digunakan seperti yang dialami SMA Atma Widya.

Handaru mengungkap­kan, kesalahan tersebut bisa ditangani dengan mudah. ’’Kami sudah memberitah­ukan kepada seluruh proctor terkait hal tersebut,’’ ucapnya. Tim UNBK Puspendik memberikan password bitlocker. ’’Seharusnya proctor sekolah sudah tahu dan memasukkan kembali password yang sudah kami share,’’ jelasnya.

Kendala saat geladi bersih, lanjut dia, dapat menjadi bahan pembelajar­an selama persiapan UNBK. ’’Kami berharap UNBK utama nantinya dapat berjalan lancar,’’ kata Handaru. (bri/c15/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia