Jawa Pos

Delapan Pejabat Pensiun, Pemprov Siapkan Seleksi

-

SURABAYA – Sebentar lagi sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengalami kekosongan pemimpin. Sebab, kepala dinas yang selama ini menjabat segera pensiun. Delapan pejabat eselon II akan purnatugas tahun ini.

Asisten IV Bidang Administra­si Umum Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Mudjib Afan menyatakan, pejabat eselon II memasuki masa pensiun pada usia 60 tahun. Dari delapan orang yang pensiun tersebut, rata-rata masa jabatannya berakhir pertengaha­n dan akhir tahun ini.

Salah satu di antara delapan pejabat eselon tersebut adalah Asisten II Bidang Perekonomi­an dan Pembanguna­n Sekdaprov Jatim Hadi Prasetyo yang pensiun pada Oktober. Kemudian, Kepala dinas pertanian Wibowo Ekoputro per November mendatang dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur Supaad yang pensiun pada Agustus.

Selain itu, ada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Harsono yang masa jabatannya berakhir pada Juli. Kepala dinas lainnya yang pensiun, antara lain, Zarkasi yang menjabat kepala Bapemas KB Provinsi Jatim per Agustus, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim Maskur pada Juli. Juga, wakil direktur penunjang dan pendidikan pelatihan RSUD dr Soedono Madiun per Maret ini dan wakil direktur umum dan keuangan RSUD dr Soedono Madiun. ’’Semuanya habis masa tugas disesuaika­n dengan tanggal lahir mereka,’’ ujar Afan.

Banyaknya pejabat yang pensiun tahun ini menimbulka­n kekosongan di 10 SKPD di lingkungan pemprov. Sebab, selain 8 pejabat yang pensiun, ada dua instansi yang kini dipimpin pelaksana tugas (Plt). Yaitu, Direktur utama RSUD Soetomo serta kepala biro humas dan protokol Pemprov Jatim.

Karena itu, pemprov menyiapkan seleksi. Untuk dapat mengisi jabatan sebagai kepala dinas, PNS setidaknya harus memiliki eselon IIa. Untuk kepala biro, minimal eselon IIb. Selain itu, ada sejumlah tes yang harus mereka jalani saat mengikuti proses lelang jabatan. Antara lain, tes tulis, psikotes, dan wawancara. ’’Nanti dipilih tiga terbaik yang diajukan ke gubernur,’’ jelas mantan kepala Dinas Kesehatan jatim itu.( ant/c15/git)

 ?? AD PRASETYO/JAWA POS ?? SIAP GUGAT: Pengacara Ayu, M. Sholeh, menunjukka­n surat pemecatan kliennya sebagai ketua fraksi.
AD PRASETYO/JAWA POS SIAP GUGAT: Pengacara Ayu, M. Sholeh, menunjukka­n surat pemecatan kliennya sebagai ketua fraksi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia