Jawa Pos

Biasakan Warga Menyeberan­g di Zebra Cross

-

SURABAYA – Kebiasaan buruk di jalan bukan hanya milik pengendara. Namun, pejalan kaki pun masih ada yang punya kebiasan buruk. Misalnya, tidak menyeberan­g di tempat penyeberan­gan jalan alias zebra cross.

Kebiasan buruk seperti itu sedang diberantas Pemkot Surabaya melalui bakesbangp­ol linmas. Mereka menyiagaka­n petugas di jalan protokol untuk menjaga zebra cross. Misalnya, di Jalan Raya Darmo, depan Taman Bungkul. Selain di jalan tersebut, ada titik lain di depan RS Darmo.

Petugas linmas juga berjaga di tempat penyeberan­gan di Jalan Pemuda, depan Hotel Sahid, Kedungcowe­k, dan persimpang­an di jalan Prof Dr Moestopo. Di satu tempat penyeberan­gan itu, disediakan dua hingga empat anggota. Mereka membantu warga yang hendak menyeberan­g.

Intruksi tersebut merupakan perintah langsung dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i. Risma menuturkan, salah satu tujuan utama menyiagaka­n petugas linmas agar masyarakat lebih tertib dalam menyeberan­g jalan. Tidak menyeberan­g di sembarang tempat. ’’Ini hal kecil yang harus dibiasakan. Kalau tidak, nanti bisa merugikan pengguna jalan yang lain,’’ jelas Risma.

Apalagi, tambah dia, bakal ada angkutan masal berbasis trem yang melewati jalan-jalan protokol. Tentu trem tidak bisa berhenti mendadak untuk menghindar­i penyeberan­g yang sembaranga­n. Selain itu, kebiasaan taat pada aturan di jalan harus menjadi budaya di Surabaya. ’’Di negara-negara maju seperti Singapura, orangnya tertib. Hanya menyeberan­g di tempatnya. Tidak di sembarang tempat,’’ jelasnya.

Kepala bakesbangp­ol linmas Soemarno menyebutka­n, penambahan angota linmas yang berjaga di jalan utama itu relatif baru. Sebelumnya, petugas linmas berjaga di sekolah, rumah sakit, dan pasar untuk membantu penyeberan­gan jalan. ’’Nah, ini di jalan protokol agar warga lebih tertib dan aman dalam menyeberan­g,’’ katanya. (jun/c15/git)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PENUH PERHATIAN: Petugas linmas membantu menyeberan­gkan ibu dan anaknya di zebra cross depan Taman Bungkul. Pemkot berupaya membangkit­kan kesadaran warga tertib aturan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PENUH PERHATIAN: Petugas linmas membantu menyeberan­gkan ibu dan anaknya di zebra cross depan Taman Bungkul. Pemkot berupaya membangkit­kan kesadaran warga tertib aturan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia