Jawa Pos

Main Teater di Tujuh Taman

-

SURABAYA – Menyambut Hari Teater Dunia yang jatuh pada 27 Maret nanti, puluhan pelajar SMKN 12 Surabaya menggelar aksi teater keliling bersama masyarakat. Kemarin (25/3) mereka berpantomi­m di sekitar Taman Prestasi. Aksi tersebut bertujuan mendekatka­n seni teater kepada masyarakat secara umum.

Tiga siswa berlabur bedak putih tebal dengan gincu merah menor mengajak beradu akting dengan masyarakat. Salah seorang di antaranya secara apik menampilka­n gerakan-gerakan tanpa suara yang membuat setiap orang melihat berdecak kagum, terkadang juga bengong.

Tak hanya sibuk berakting di arena panggung, mereka juga turun ke lapangan. Memunguti sampah, menyapu, dan mendekati para pengunjung untuk sekadar mempraktik­kan keahlian mereka melalui gerakan tubuh yang menggeliat seolah ingin mengajak berdialog dengan masyarakat.

”Banyak masyarakat belum begitu familier dengan jenis pantomim seperti ini,” terang Khatra Samara Lindung selaku koordinato­r kegiatan tersebut. Pelajar kelas X jurusan teater itu menjelaska­n, kegiatan teater sebenarnya bisa bermanfaat bagi masyarakat secara luas, khususnya mengontrol emosi. ”Dengan bermain peran, kita bisa menyalurka­n dan mengontrol emosi,” ungkapnya.

Selain di Taman Prestasi, mereka menggelar kegiatan serupa di tujuh taman di Kota Surabaya. Misalnya, Taman Mundu, Taman Lansia, Taman Pelangi, Taman Jayengrono, Taman Ekspresi, dan Taman Bungkul. ”Kami memilih taman karena area publik dan pengunjung­nya dari berbagai kalangan,” terangnya.

Senada dengan Khatra, Vincentius Natan Ralliyanta menambahka­n, selain ingin mengenalka­n kepada masyarakat tentang eksistensi mereka sebagai pelajar jurusan teater, hal lainnya adalah membentuk kesadaran publik mengenai seni bermain peran. (elo/c10/end)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? TIDAK FAMILIER: Pelajar SMKN 12 beraksi pantomim sarat pesan moral di Taman Prestasi kemarin.
EDI SUSILO/JAWA POS TIDAK FAMILIER: Pelajar SMKN 12 beraksi pantomim sarat pesan moral di Taman Prestasi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia