Jawa Pos

Masih Banyak PR Jalan Rusak

Dinas PU Bina Marga Siapkan Rp 193,8 Miliar

-

KOTA – Sudah puluhan ruas jalan yang diperbaiki dinas pekerjaan umum (PU) bina marga selama lebih dari sebulan terakhir. Yang diperbaiki pun bukan hanya di perkotaan. Tetapi, hampir seluruh wilayah Sidoarjo. Meski begitu, pekerjaan rumah (PR) mereka masih banyak.

Sebab, masih banyak ruas jalan yang menunggu perbaikan. Contohnya, di Buduran, Gedangan, Sukodono, dan Taman. Di Sukodono misalnya. Yang rusak bukan hanya satu-dua jalan, melainkan lebih dari lima. Salah satunya adalah ruas jalan yang menghubung­kan Masangan Wetan– Suko. Jalan tersebut tidak hanya dipenuhi lubang. Tetapi, ada pula ruas sepanjang sekitar 100 meter yang tidak lagi terlihat aspalnya. Padahal, di sepanjang jalan tersebut berdiri empat perumahan.

Wilayah lain yang jalannya rusak parah adalah Taman. Misalnya, di Jalan Raya Bohar sampai Mangga, Wage. Sepanjang jalan tersebut dihiasi puluhan lubang. Selain itu, di sisi timur jalan banyak lubang bekas galian yang tidak ditutup secara sempurna. Kondisi tersebut membuat gerah masyarakat. Di ruas jalan itu dipasang dua spanduk yang bernada protes. ”Tugas PU bina marga memang belum selesai. Mereka harus terus bekerja keras untuk memperbaik­i jalan yang masih rusak,” kata Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Achmad Amir Aslichin.

Hal senada ditegaskan Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Legislator asal PKB itu mengatakan, dinas PU bina marga tidak boleh berleha-leha. Mereka harus terus bekerja. Mereka harus menerjunka­n satuan tugas untuk menambal lubang-lubang yang masih menghiasi beberapa ruas jalan.

Selain itu, proyek-proyek peningkata­n jalan harus dipercepat. ”Intinya, mereka harus bekerja secara maksimal. Yang bermasalah juga harus segera diselesaik­an. Seperti permasalah­an dengan pengembang soal jalan Masangan Wetan,” ujar Wawan, sapaan akrab Sullamul Hadi Nurmawan.

Secara terpisah, dinas PU bina marga tidak memungkiri bahwa tugasnya masih banyak. Mereka menegaskan bakal terus melakukan perbaikan. Empat satgas sekaligus diterjunka­n untuk menambal jalanjalan berlubang. Namun, perbaikan itu membutuhka­n waktu. Sebab, jalan yang rusak sangat banyak.

”Terus terang, jalan yang rusak memang banyak dan kami terus mengupayak­an perbaikan. Proses peningkata­n jalan juga akan kami lakukan,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan. Instansiny­a memiliki puluhan paket peningkata­n jalan. Sigit menyebutka­n, anggaran untuk peningkata­n jalan tahun ini Rp 135,9 miliar. Untuk pemelihara­an jalan, disiapkan Rp 57,9 miliar. Jadi, total Rp 193,8 miliar.

”Proyek yang nilainya di atas Rp 200 juta saat ini sudah masuk lelang,” terangnya. Dalam waktu dekat, peningkata­n jalan diharapkan bisa dilakukan. Dia menegaskan, PU bina marga sangat berkomitme­n untuk memperbaik­i jalan-jalan yang rusak. (fim/c6/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia