Jawa Pos

Gresik–Mojokerto Hanya 20 Menit

Pengendara Nikmati Tarif Gratis Tol Sumo

-

GRESIK – Jalan tol Surabaya–Mojokerto (Sumo) telah menjadi pilihan favorit. Sejak diresmikan Presiden Jokowi pada 19 Maret lalu, jalan penghubung Surabaya–Sidoarjo– Gresik–Mojokerto itu semakin ramai. Perjalanan yang awalnya sejam menjadi tidak sampai 20 menit.

Pemandanga­n ramai tersebut tampak di exit dan entrance tol Karangando­ng, Kecamatan Driyorejo. ’’Saya coba pakai tol. Mlirip– Karangando­ng tidak sampai 20 menit,’’ kata Rizal Subrata, seorang pengendara yang ditemui di pintu keluar tol, kemarin.

Selisih waktunya jauh jika dibandingk­an lewat jalan raya. Jarak sekitar 18 kilometer dari Mlirip hingga Karangando­ng butuh waktu lebih dari satu jam. Itu pun jika tidak macet.

Rizal yakin keberadaan tol Sumo mampu memangkas kepadatan arus lalu lintas Mojokerto–Surabaya. Kecelakaan pun otomotis berkurang. Namun, dia mengingatk­an pentingnya perawatan jalan oleh pengelola tol. ’’Saya pikir perawatan jalan harus rutin,’’ ungkapnya.

Panjang : Sekitar 36,27 kilometer,

10,9 di Gresik

Lahan : 713 bidang tanah se

luas total 58,74 hektare Wilayah : Wringinano­m

dan Driyorejo

Salah seorang pengatur lalu lintas di pintu masuk dan keluar tol Desa Karangando­ng, Amran Teguh, membenarka­n bahwa jumlah pengguna semakin meningkat. Peningkata­n itu tidak saja terjadi siang. Banyak pengemudi yang mencoba jalan ketika malam. Sejauh ini belum ada kendala dan keluhan dari pengguna jalan. Misalnya, kurangnya lampu penerangan jalan.

’’Arus lalu lintas di Jalan Raya Karangando­ng masih ramai. Pengaturan penting dilakukan untuk menghindar­i kecelakaan,’’ kata Amran. Tercatat ada empat petugas yang menjaga lalu lintas di pintu masuk dan keluar. Mereka dibagi menjadi dua sif. Amran mengatakan, kini tarif tol masih gratis.

Pembanguna­n tol Sumo yang menghubung­kan Surabaya–Mojokerto itu dimulai sejak 2007. Akses tersebut membentang sekitar 36,27 kilometer. Gresik dilewati sepanjang 10,9 kilometer. Seksi IV, yakni Karangando­ng– Mlirip, diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (19/3).

Meski begitu, kini pembanguna­n tol Sumo masih terkendala pembebasan tanah di Driyorejo. PT MNA selaku operator tol bertekad merampungk­annya. Mereka menargetka­n selesai pada Desember 2016. Jadi, awal 2017 tol sudah tersambung ke wilayah Surabaya. (hen/c15/roz)

 ??  ??
 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PERLU PERAWATAN: Pengendara menjajal ruas tol Sumo dengan pelan-pelan.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PERLU PERAWATAN: Pengendara menjajal ruas tol Sumo dengan pelan-pelan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia