Jawa Pos

Besok Kepadatan Puncak Balik Libur Paskah

-

SURABAYA – Libur panjang saat perayaan Hari Paskah kemarin (25/3) berimbas ke sektor transporta­si publik. Kepadatan pengguna jasa angkutan antarkota tidak terhindark­an. Penumpang menyemut di Terminal Purabaya, Bandara Juanda, maupun stasiun-stasiun besar di kota ini.

”Kepadatan penumpang terjadi hanya jurusan tertentu,”’ ungkap Kepala Sub Unit Keamanan dan Ketertiban UPTD Terminal Purabaya Harjo. Beberapa jurusan padat yang dia maksud dari Purabaya antara lain Solo-Jogja, Semarang, Madura, dan Jember-Banyuwangi. Sedangkan rute-rute pendek relatif cepat terurai dengan banyaknya armada bus yang datang dan pergi silih berganti. Jalur pendek di antaranya Malang-Blitar, Jombang-Madiun-Ponorogo, dan Tuban-Bojonegoro.

Menghadapi masa libur panjang, jajarannya bersama Polda Jatim dan Dinas Kesehatan telah menghelat pemeriksaa­n kelayakan dan kelengkapa­n penunjang armada bus serta pemeriksaa­n kesehatan awak kendaraan umum. Dia mengingatk­an, puncak balik diprediksi Minggu (27/3). ‘”Belum ada temuan menonjol dalam kegiatan pengawasan menjelang libur panjang,” tutur Harjo.

Pemandanga­n hampir serupa tampak di Bandara Juanda. Pengelola bandara mencatat ada peningkata­n jumlah penumpang mencapai 13,5 persen sampai pukul 24.00 kemarin. Peningkata­n tersebut terjadi di seluruh terminal domestik maupun internasio­nal.

Asisten Manajer Legal dan Komunikasi Angkasa Pura 1 Juanda Liza Anindya menerangka­n, jumlah penumpang pergi dan datang di T1 meningkat T1 menjadi 52 ribu orang. Pada hari biasa berkisar 45 ribu penumpang. ”Kenaikan terjadi karena banyak penumpang memilih berangkat pada malam hari setelah Kamis sore hari terakhir kerja,” jelasnya.

Begitu pula penumpang dari T2, meningkat 7,4 persen dari 4.486 ribu orang menjadi 4.819 ribu orang. Meski terjadi peningkata­n, pihaknya belum mendapat order penerbanga­n tambahan dari maskapai yang beroperasi. ”Kami mewanti-wanti menjelang puncak balik yang diprediksi Minggu (27/3) malam,” pesan Liza. (sep/fat)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia