Jawa Pos

Hilangkan Tanda Lahir dan Tato

-

Kelainan Kulit juga Bisa Diatasi

tanda lahir dapat dihilangka­n? Penyebab beberapa tanda lahir tidak diketahui secara pasti. Namun, definisi medis menyebutka­n bahwa tanda lahir merupakan kelainan kulit pada anak baru lahir (neonatus), dapat berupa pembuluh darah, pembuluh limfa, sel pigmen, folikel rambut, kelenjar keringat, epidermis/sel tanduk, kolagen, elastin, atau komponen kulit lain.

Pada umumnya, sebagian besar tanda lahir tidak membahayak­an. Namun ada beberapa jenis tanda lahir pigmen yang memiliki risiko untuk berkembang menjadi kanker kulit, sehingga dianjurkan untuk diperiksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Selain itu, tanda lahir yang juga sering ditemui adalah yang disebabkan kelainan pembuluh darah/vaskular. Port wine stains adalah jenis tanda lahir kelainan pembuluh darah yang didapat sejak lahir, sifatnya progresif, dan semakin menebal seiring bertambahn­ya umur. Hemangioma juga merupakan tanda lahir kelainan pembuluh darah.

Meskipun sebagian besar kasus tidak berbahaya, namun tanda lahir ini cukup mengganggu secara kosmetik, apalagi jika terletak pada wajah atau area terbuka. Anda tidak perlu kawatir karena tanda lahir ini dapat dihilangka­n.

Laser merupakan salah satu modalitas yang sangat aman dan cukup efektif untuk menghilang­kan tanda lahir. Untuk kelainan pembuluh darah, laser yang paling efektif adalah pulsed- dye laser. Sedangkan tanda lahir pigmentasi dapat dihilangka­n dengan laser QS Nd:YAG 532/1064 nm.

Tanda lahir dapat dihilangka­n dengan beberapa sesi laser. Kelainan pembuluh darah seperti port wine stain maupun hemangioma sangat disarankan untuk diterapi sedini mungkin. Jika penanganan­nya tidak segera, akan lebih sulit menghilang­kan benjolan yang sudah terbentuk.

Dua jenis laser itu aman untuk bayi maupun anak-anak. Untuk laser pigmentasi, sebelum tindakan akan dioleskan krim anestesi terlebih dahulu dan didiamkan selama 45 menit sampai dengan 1 jam, sehingga saat pengerjaan nyeri sangat minimal. Sedangkan pengerjaan laser vaskular/pembuluh darah tidak membutuhka­n anestesi topikal karena tindakan relatif cepat dan minimal nyeri.

Selain untuk menghilang­kan tanda lahir jenis pigmentasi, laser QS Nd:YAG 532/1064 nm juga dapat menghilang­kan pigmen buatan atau tato. Laser jenis ini spesifik menarget pigmen tato.

Kelainan pigmentasi lain yang cukup sering dijumpai adalah vitiligo, seperti bercak putih susu di semua area tubuh. Vitiligo dapat diobati dengan terapi kombinasi. Dokter spesialis kulit dan kelamin biasanya akan memberikan pengobatan topikal dan juga pengobatan oral berupa antioksida­n. Selain itu, terapi tambahan yang sangat efektif dan dianjurkan adalah dengan fototerapi menggunaka­n sinar narrowband ultraviole­t B (NB UVB).

Fototerapi itu merupakan terapi penyinaran menggunaka­n sinar panjang gelombang 311 nm, dengan dosis penyinaran yang disesuaika­n dengan tipe kulit dan luasnya vitiligo. Pada awal terapi biasanya pasien vitiligo dianjurkan menjalani fototerapi 2-3 kali/seminggu selama kurang lebih 3-4 minggu sampai timbulnya pigmen kecokelata­n, dilanjutka­n dengan treatment pemelihara­an.

Surabaya Skin Centre (SSC) merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menghilang­kan tanda lahir baik pigmentasi/toh maupun kelainan pembuluh darah/vaskular, penghilang­an tato, dan juga fototerapi untuk penyakit vitiligo. Surabaya Skin Centre merupakan Klinik Spesialis Kulit dan Laser yang memiliki kurang lebih 18 jenis laser/ radiofreku­ensi/ ultrasound maupun teknologi terkini lain, didukung oleh tujuh dokter spesialis kulit dan kelamin yang kompeten. Konsultasi­kan keluhan Anda untuk mendapatka­n penanganan yang tepat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia