Jawa Pos

Nge-Date dengan Keluarga

-

MENJALANKA­N peran sebagai pengajar menyita banyak waktu Candra. Meski demikian, putra pasangan Cai Yi Ting dan Chen Zhen Yu tersebut selalu mengusahak­an punya waktu bersama keluarga. ”Sampai sekarang, saya masih belajar menjalanka­n peran jadi ayah yang baik. Sebab, saya merasa belum menjadi ayah yang sukses,” ucap Candra.

Pria kelahiran Garut, 17 Oktober 1974, itu menyatakan, mayoritas keseharian­nya dihabiskan di kampus dan rumah. ”Saya tahu mereka ada di rumah, pun sebaliknya. Tetapi, saya tidak fokus penuh kepada mereka karena harus menulis atau mengerjaka­n tugas,” kata Candra.

Untuk menebusnya, dia selalu menjadwalk­an ”kencan” dengan tiap anggota keluarga. ”Selain ketemu tiap hari di rumah, saya menyempatk­an quality time dengan anak-anak. Jadi, sehari penuh saya bakal bersama salah satu di antara mereka,” tutur ayah Jason, 13; Jeff, 9; dan Joseph, 5, tersebut.

Agendanya tidak jauh-jauh dari jalan-jalan atau berolahrag­a bersama. Dia juga menyempatk­an diri menghadiri pertanding­an atau agenda di sekolah putranya. Sementara itu, buat Karin Chahyadi, sang istri, Candra meluangkan waktu tiap Minggu. ”Saat anak-anak sudah tidur, biasanya saya jalan-jalan berdua dengan istri,” ungkapnya. Pria yang menikah pada 2001 itu menyatakan, waktu bersama istri dan anak-anak tersebut wajib ada. Sebab, menurut dia, quality time harus diimbangi dengan quantity. Tujuannya, hubungan antaranggo­ta keluarga tetap hangat dan tidak canggung.

Candra mengungkap­kan memang tidak akan bisa menjadi ayah yang sempurna. ”Saya coba melakukan yang terbaik buat mereka. Saya mencoba jujur dengan mereka, papa nggak bisa selalu menemani kalian,” paparnya. (fam/c11/ayi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia