Jawa Pos

Hadapi Olimpiade Mini

-

CARDIFF – Bintang lari asal Inggris Mo Farah terus menyiapkan diri seserius mungkin menjelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Terbaru, peraih dua emas Olimpiade 2012 itu memilih ambil bagian di ajang Cardiff Half Marathon 2016.

Farah meyakini, kejuaraan itu bisa menjadi pemanasan apik sebelum terjun di Brasil pada Agustus mendatang. Event tersebut berlangsun­g Minggu pagi ini.

’’Ini akan menjadi Olimpiade mini. Beberapa pesaingku yang akan turun di Olimpiade juga datang di kejuaraan ini,” ucap Farah sebagaiman­a dilansir BBC.

Salah satu pesaing terkuat Farah adalah pelari Kenya Geoffrey Kipsang Kamworor. Pelari 24 tahun tersebut juga akan turun di nomor 10.000 meter pada Olimpiade 2016.

Terakhir Farah dan Kamworor bersaing di lintasan adalah pada Kejuaraan Dunia Atletik 2015 di Beijing Agustus lalu. Saat itu dua pelari turun di nomor 10.000 meter. Farah meraih emas, sedangkan Kamworor merebut perak. ’’ Tidak ada lawan yang lebih berat daripada para pelari Kenya,’’ ucap Farah.

Selain Kamworor, pelari Kenya lainnya, Bedan Karoki, harus diwaspadai oleh Farah. Karoki datang di Cardiff dengan status juara bertahan. Pelari 25 tahun tersebut tercatat sebagai juara ajang IAAF World Cross Country Championsh­ips 2015 di Guiyang, Tiongkok.

Farah sendiri sudah bertekad bulat untuk kembali meraih dua medali emas di Olimpiade Rio. Nomor lari 5.000 meter dan 10.000 meter tetap menjadi tujuan utamanya. ’’Aku sungguh ingin mendapatka­n double emas lagi,” ucap pelari 33 tahun tersebut.

Pelari berdarah Somalia itu mempersemb­ahkan dua medali emas untuk Inggris dari dua nomor andalannya tersebut di London. Selain telah mengumpulk­an dua emas Olimpiade, Farah hingga kini tercatat mengumpulk­an lima emas kejuaraan dunia atletik.

Untuk mencapai tujuan besar itu, Farah mempersiap­kan diri sebaik mungkin. Pada Januari lalu, dia baru saja menyelesai­kan taraining center di Ethiopia selama lima pekan. Sepulang dari sana, pelari yang baru merayakan ulang tahun yang ke-33 pada 23 Maret tersebut, langsung terjun di ajang Glasgow Indoor Grand Prix pada 20 Februari.

Untuk mempersiap­kan diri turun di ajang Cardiff Half Marathon ini sendiri, Farah memutuskan untuk tidak ambil bagian di Kejuaraan Dunia Atletik Indoor yang berlangsun­g di Portland, Amerika Serikat. Ajang tersebut baru berakhir 20 Maret lalu. (irr/c4/nur)

 ?? VALENTIN FLAURAUD/EPA ?? KERJA KERAS: Mo Farah akan menghadapi tantangan berat dari para pelari Kenya pada Olimpiade 2016.
VALENTIN FLAURAUD/EPA KERJA KERAS: Mo Farah akan menghadapi tantangan berat dari para pelari Kenya pada Olimpiade 2016.
 ?? DOK AHRT ?? CEPAT: Gerry Salim saat berlaga pada hari pertama Seri I Indospeed Race Series di Sirkuit Sentul kemarin.
DOK AHRT CEPAT: Gerry Salim saat berlaga pada hari pertama Seri I Indospeed Race Series di Sirkuit Sentul kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia