Jawa Pos

Makin Dekat ke Rio

Angga/Ricky ke Final New Zealand Open

-

AUCKLAND – Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final New Zealand Open 2016. Mereka sukses melaju ke partai puncak setelah mengalahka­n pasangan Tiongkok Huang Kaixiang/ Zheng Siwei straight game 21-19, 24-22 di North Shore Events Centre, Auckland, kemarin (26/3).

Pertanding­an selama 43 menit tersebut berlangsun­g sengit. Angga/ Ricky yang merupakan unggulan ketiga akhirnya bertemu lawan yang tangguh. Huang/Zheng yang jadi unggulan kedelapan cukup merepotkan mereka.

Namun, ganda putra peringkat ke-12 dunia itu bermain lebih sabar daripada ganda putra asal Tiongkok tersebut. ’’Alhamdulil­lah, kami bersyukur, kami akan terus berusaha bermain pada pola kami sendiri untuk seterusnya,’’ ungkap Angga.

Hingga game kedua, dua pasangan tersebut sama sekali tidak mengendurk­an determinas­inya untuk melaju ke babak final di turnamen level grand prix gold itu. Kemenangan akhirnya diraih Angga/ Ricky setelah melalui deuce. Ang- ga/Ricky menutup game kedua dengan angka 24-22.

Di final nanti, mereka berhadapan dengan ganda putra asal Korea Selatan Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol yang kini berada di peringkat kedelapan dunia. Bagi Angga/Ricky, hasil yang mereka capai di Selandia Baru tersebut merupakan momentum untuk bangkit mengejar poin dari ganda Korsel itu. Sebab, sesuai peraturan BWF, syarat untuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 adalah minimal harus berada di peringkat kedelapan dunia.

Sejatinya, jika kalah di partai final besok pun, Angga/Ricky tetap bisa menggeser ranking tiga pasangan di atasnya. Yakni, Vladimir Ivanov/ Ivan Sozonov (Rusia), Liu Xiaolong/ Qiu Zihan (Tiongkok), dan Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark). Sebab, tiga pasangan tersebut belum mengikuti kejuaraan sejak Swiss Open 2016. Tentu, itu memperbesa­r peluang Angga/Ricky untuk tampil di Rio yang posisinya naik ke peringkat kesembilan dunia.

Namun, tentu mereka bertekad menang dan meraih gelar juara pertama tahun ini. Sebab, jika menang, selisih poin mereka dengan Ko/Shin akan berkurang menjadi 5.796 poin. (mat/c17/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia