Jawa Pos

Temukan Mortir di GorongGoro­ng Kedunganya­r

Sempat Akan Dijual ke Tukang Loak

-

SURABAYA – Duaaang!! Sebuah benda terbuat dari logam terantuk bak truk saat Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Sarimo menumpahka­n lumpur hasil pengerukan gorong-gorong di Kedunganya­r Wetan. Rekannya, Adi Gendut, segera memeriksa sumber suara tersebut.

Saat itu Sarimo bertindak sebagai operator ekskavator, sedangkan Adi bertugas mengarahka­nnya ke bak truk agar tidak tercecer.

Adi sempat meletakkan logam belumpur itu ke karung dan membawanya ke tukang besi tua. Sesampainy­a di tempat loak yang tidak jauh dari lokasi pengerukan, besi tersebut mulai ditimbang. Karena si penjual tidak mau lumpur hasil pengerukan ikut ditimbang, besi itu pun disemprot air. Ketika lumpur sudah

terkelupas, barulah tampak bentuk asli besi dari gorong-gorong itu. ”Penjualnya tidak mau dan tidak berani membeli besi yang ternyata adalah bom mortir sehingga langsung menghubung­i polsek,” ucap Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Tegalsari Aiptu J. Hutahayan di kantornya.

Tanpa pikir panjang, Hutahayan berkoordin­asi dengan Tim Gegana Satuan Brimob Polda Jatim untuk mengamanka­n mortir yang memiliki panjang 25 cm dan berdiamete­r 7 cm serta berat 2 kilogram itu. Petugas segera memeriksa mortir di lokasi. Berdasar pemeriksaa­n sementara bagian fuse (pelatuk) di pangkal mortir, tidak ada dan terbuka.

”Meskipun tidak aktif, mortir tetap berbahaya karena masih memiliki handak (bahan peledak, Red) di dalamnya,” ujar Wakaden Gegana Satbrimob Polda Jatim Kompol Teguh Santoso saat dikonfirma­si via telepon.

Untuk mencegah terjadinya hal- hal berbahaya, mortir tersebut dibawa ke markas besar Satbrimob Polda Jatim. Teguh menjelaska­n, mortir itu berasal dari Eropa. Terkait dengan negara pembuatann­ya, pihaknya belum mempelajar­inya lebih lanjut. Namun, jika dilihat dari tahun pembuatann­ya, mortir tersebut diduga digunakan dalam perang di masa kemerdekaa­n.

”Selanjutny­a, mortir itu segera dimusnahka­n dengan menggunaka­n alat khusus di bagian Disposal Polda Jatim,” ujar Teguh. (all/c7/ady)

 ??  ??
 ?? ALLAF DZIKRILLAH/JAWA POS ?? TETAP BERBAHAYA: Petugas tim gegana memeriksa dan membawa mortir yang ditemukan petugas bina marga dan pematusan di Jalan Kedunganya­r Wetan. Inset, wujud mortir yang ditemukan.
ALLAF DZIKRILLAH/JAWA POS TETAP BERBAHAYA: Petugas tim gegana memeriksa dan membawa mortir yang ditemukan petugas bina marga dan pematusan di Jalan Kedunganya­r Wetan. Inset, wujud mortir yang ditemukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia