Jawa Pos

Robot Pintar Angkut Sampah

-

SURABAYA – Robot bergerak mengitari lintasan. Saat mendeteksi sampah di sekitarnya, robot tersebut mendekat. Langsung saja tangannya mengangkut sampah. Tidak cukup sekali, robot dari kombinasi lego itu bisa mengangkut sampah sampai sekitarnya bersih. Robot tersebut merupakan rancangan Eathan Toping.

Siswa kelas X SMA Ciputra itu mengatakan, rancangan robotnya tidak memerlukan alat pengendali. Saat sumber energi dinyalakan, robot secara otomatis bisa bergerak, lantas mendeteksi sampah di sekitarnya. ”Kita tidak perlu menggerakk­annya,” katanya.

Eathan menggunaka­n dua sensor pada robot tersebut. Yakni, sensor pengambil sampah dan sensor deteksi jalan untuk bergerak. Dua sensor tersebut saling melengkapi. Sensor pendeteksi sampah terletak di tangan robot. Sedangkan sensor gerak diletakkan Eathan di tubuh robot bagian bawah.

Siswa 16 tahun itu mengungkap­kan, ide pembuatan robot muncul saat dirinya melihat sampah berserakan. ”Saya ingin robot ini dapat membantu pekerjaan masyarakat secara nyata,” paparnya. (bri/c7/nda)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BIKIN TAKJUB: Eathan Toping (kanan) mendemonst­rasikan robot buatannya.
DITE SURENDRA/JAWA POS BIKIN TAKJUB: Eathan Toping (kanan) mendemonst­rasikan robot buatannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia