Jawa Pos

Foto Harus Super Wow

-

Explore Indonesia tidak jauh berbeda dengan Explore Sidoarjo. Tugasnya samasama mem- posting foto dengan media Instagram. Bedanya ada pada foto yang di- posting. Explore Indonesia berfokus pada objekobjek di seluruh wilayah Indonesia. ”Explore Sidoarjo ya lebih pada spot-spot Sidoarjo yang indah. Sebenarnya bukan hanya tempat. Ada juga kuliner atau budaya Sidoarjo,” jelasnya.

Setelah mendapatka­n izin, masalah berikutnya yang dihadapi adalah visi akun Instagram Explore Sidoarjo. Menurut Nina, menentukan visi itu yang paling berat. Jangan sampai akun itu menjadi akun Instagram yang biasa-biasa saja dan cepat mati karena sepi peminat netizen. ”Akhirnya kami membuat syarat-syarat foto apa saja yang bisa masuk ke Instagram Explore Sidoarjo. Foto di akun Explore Sidoarjo tidak boleh ecek-ecek dan harus super wow,” kata Nina, mahasiswa semester akhir jurusan akuntansi itu.

Tidak semua foto bisa masuk akun Instagram Explore Sidoarjo. Termasuk foto yang diambil dengan cara ber- selfie. Nina mengatakan, Ex- plore Sidoarjo melarang foto selfie meski di tempat bagus. ”Sebenarnya syaratnya hanya dua, yakni tidak boleh foto selfie dan harus diambil di kawasan Sidoarjo,” tutur Nina.

Perempuan pencinta teh hijau itu menambahka­n, meski sudah dilarang, masih ada yang mengirim foto selfie dan menandai di akun Instagram. ”Kalau mau fotonya ditampilka­n di halaman Instagram Explore Sidoarjo, caranya mudah. Cukup tuliskan #ExploreSid­oarjo, nanti kami berdua memilih foto yang layak tampil,” tutur gadis kelahiran 1994 tersebut.

Menurut Nina, dengan adanya Explore Sidoarjo, akhirnya banyak tempat keren yang bisa diketahui publik. Potensi Sidoarjo sangat berlimpah. Ketika dia dan Leo memilih foto, kadang ada beberapa yang memberikan pengetahua­n baru. ”Sambil menyelam minum air, sambil memilih foto sambil tambah wawasan juga tentang potensi Sidoarjo,” ungkapnya.

Aktivitas itu, tentu saja, punya suka dan duka. Sukanya adalah bisa berbagi dengan masyarakat mengenai potensi-potensi Sidoarjo melalui Instagram. Walaupun hanya berdua menjadi admin, mereka merasa enjoy. ”Karena kembali lagi, sesuai passion atau kesukaan. Jadi, sesibuk apa pun aktivitas, kami masih enjoy memilih foto-foto netizen yang menandai akun Instagram Explore Sidoarjo,” katanya.

Bagaimana dengan dukanya? Itu mereka rasakan pada awal membuat akun Instagram Explore Sidoarjo. Leo menuturkan, follower di Instagram Explore Sidoarjo hanya 10 orang. ”Sepuluh follower itu sampai dua bulan pertama. Menginjak bulan ketiga, masyarakat mulai tahu apa itu Explore Sidoarjo dan akhirnya permintaan follower bertambah tiap hari. Sekarang kami sudah memiliki lebih dari 11 ribu follower,” tutur Leo yang berpangkat brigadir dan berdinas di Mapolresta­bes Surabaya itu.

Photowalk Explore Sidoarjo merupakan event terbesar Explore Sidoarjo. Leo mengatakan, pada saat mengadakan photowalk, tim Explore Sidoarjo mengundang instagramm­er dan pencinta foto. Peserta bisa mencapai 1.500 orang lebih. ”Isi acara photowalk adalah pergelaran foto orisinal dari wilayah Sidoarjo. Saya dan Nina tidak sendirian. Ada volunter Explore Sidoarjo yang khusus menangani event ini,” ungkap pria kelahiran 1984 tersebut. (sam/c7/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia