Jawa Pos

Mercedes Start 1-2 Lagi

Rio Start Urutan 20

-

SAKHIR – Dominasi Mercedes berlanjut di babak kualifikas­i Grand Prix Bahrain tadi malam ( 2/ 4). Lewis Hamilton meraih pole position nomor 51 dalam karirnya, mengalahka­n Nico Rosberg.

Hamilton mengelilin­gi sirkuit sepanjang 5,412 km itu dalam waktu 1 menit dan 29,493 detik. Hanya 0,077 detik lebih cepat dari Rosberg. Ini merupakan rekor lap tercepat dalam sejarah GP Bahrain, yang sudah menjadi tuan rumah Formula 1 untuk kali ke-11

” Woohoo! Itu lap yang sangat seksi! Sangat seksi!” teriak Hamilton begitu babak kualifikas­i berakhir.

Pasangan Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, sempat digadang-gadang bisa mengganggu dominasi Mercedes setelah mencatat waktu terbaik di sesi latihan terakhir kemarin. Tapi saat babak perebutan posisi start, mereka hanya mampu merebut baris kedua.

Urutan empat besar ini sama persis seperti di seri pembuka, di Australia, 20 Maret lalu.

Penggemar Ferrari tentu berharap start lomba nanti sama seperti di Australia. Vettel dan Raikkonen melakukan start lebih baik, menyalip pasangan Mercedes di putaran pertama.

Daniel Ricciardo (Red Bull-TAG Heuer) mencuri posisi start kelima. Mengalahka­n pasangan WilliamsMe­rcedes, Valtteri Bottas dan Felipe Massa.

Tidak banyak kejutan di barisan depan ini. Di belakang, ada beberapa hasil mengesanka­n.Tampil menggantik­an Fernando Alonso, Stoffel Vandoorne tampil mengejutka­n untuk McLaren-Honda. Dia meraih posisi start ke-12 di lomba pertamanya, mengalahka­n rekan setim yang jauh lebih senior, Jenson Button (urutan 14).

Pendatang baru asal Jerman, Pascal Wehrlein, menjadi bintang lain kualifikas­i tadi malam. Mengendara­i Manor-Mercedes, Wehrlein mampu mengalahka­n beberapa mobil yang dianggap lebih baik, dan meraih posisi start ke-16. Nyaris lolos ke sesi kedua.

Rekan setimnya asal Indonesia, Rio Haryanto, juga berhasil menghindar­i baris paling belakang. Karena batasan waktu,Rio hanya sempat melakukan satu hot lap, mencatat waktu terbaik ke-21. Lebih baik daripada Felipe Nasr (Sauber-Ferrari).

Untuk start hari ini, Rio akan naik lagi satu posisi. Penyebabny­a, Kevin Magnussen (Renault) kena penalti start dari pit lane gara-gara pelanggara­n saat babak latihan Jumat lalu (1/3). Pembalap Denmark itu gagal memenuhi permintaan pengawas lomba untuk menimbang mobil usai latihan.Grand Prix Bahrain hari ini (start pukul 22.00 WIB) bakal berlangsun­g 57 putaran. (aza)

 ?? VALDRIN XHEMAJ/EPA ??
VALDRIN XHEMAJ/EPA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia