Jawa Pos

Kemenag Akan Remajakan Siskohat

-

JAKARTA – Jelang penyelengg­araan ibadah haji 2016, Kementeria­n Agama (Kemenag) mulai berbenah. Salah satu yang jadi fokus adalah sistem komunikasi haji terpadu atau siskohat. Kemenag berencana melakukan peremajaan perangkat siskohat di seluruh Indonesia.

’’Siskohat kan jantung dari penyelengg­araan haji, sehingga peremajaan ini menjadi penting,’’ tutur Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelengg­araan Haji dan Umrah Kemenag Khazan Faozi.

Siskohat merupakan sistem kom puterisasi haji terpadu berupa jaringan komputer yang tersambung secara online dan real time. Antara Direktorat Jenderal Penyelengg­araan Haji dan Umrah dengan Bank Pene- rima Setoran (BPS) Biaya Penyelengg­araan Ibadah Haji (BPIH) dan Kanwil Departemen Agama Provinsi.

Menurut Khazan, peremajaan penting dilakukan untuk menjamin pendaftara­n yang dilakukan di daerah bisa berjalan dengan baik. Apalagi, sudah ada beberapa laporan dari daerah terkait masalah pada hardware maupun sistem mereka.

Khazan menjelaska­n, pihaknya pun telah menerjunka­n tim, yang terdiri atas tim siskohat internal pusat dan tim teknikal asisten siskohat, untuk langsung melakukan pengecekan. Salah satu daerah bermasalah yang disambangi adalah Aceh.

Provinsi di ujung Pulau Sumatera itu mengalami sejumlah kendala pada proses pendaftara­n di siskohat generasi kedua yang diluncurka­n dua tahun lalu. ’’Ada pula sejumlah daerah lain yang sudah didatangi. Pengecekan akan terus dilakukan ke seluruh daerah bermasalah,’’ paparnya.

Kabag Sistem Informasi Haji Terpadu Kemenag Hasan Afandi pun mendukung penuh upaya tersebut. Apalagi, tahun ini, ada dua sistem baru yang mulai diimplemen­tasikan. Yakni, sitem pendaftara­n haji reguler dan pembatalan. Sebagai informasi, Kemenag melakukan pemangkasa­n proses pendaftara­n dan pembatalan untuk penyelengg­araan haji 2016. Bila awalnya empat tahap, tahun ini pendaftara­n hanya melalui dua tahap. (mia/c17/ttg)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia