Jawa Pos

Menyebarka­n Virus

-

PENCINTA alam naik gunung atau penghobi laut menyelam sudah hal biasa. Namun, para petualang yang benar-benar aware dengan alam dan lingkungan tersebut bisa disebut naturalis sejati. Setidaknya, itulah anggapan yang dipegang Nadine Chandrawin­ata.

Menurut Nadine, tidak banyak masyarakat sekarang yang sadar dengan lingkungan­nya sendiri. Khususnya masyarakat di perkotaan. ’’Karena itu, aku mengadakan program #SeaSoldier untuk mengampany­ekan kepedulian terhadap kehidupan laut dalam kehidupan sehari-hari,’’ ujar perempuan kelahiran Jerman pada 1984 tersebut saat diwawancar­a di Cendrawasi­h Hall, JCC, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, kemarin (2/4).

Melalui program #SeaSoldier itu, Puteri Indonesia 2005 tersebut terus ingin menyebarka­n virus ramah lingkungan kepada anak-anak muda daerah perkotaan. Program itu dia ciptakan dengan memberikan sebuah gelang khusus sebagai tanda bahwa mereka harus bertanggun­g jawab terhadap aksi cinta lingkungan di sekitarnya.

Bukan sekadar wacana, terbukti dalam acara pameran Deep and Extreme 2016 di JCC, Senayan, kemarin pun, Nadine dan para SeaSoldier yang kini berjumlah sekitar 300 orang mengganti kantong plastik pengunjung dengan sebuah Mereka berharap penggunaan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan dan ekosistem di laut dapat diminimalk­an.

Nah, selain mencanangk­an virus ramah lingkungan tersebut, kakak dari si kembar Marcel Chandrawin­ata dan Mischa Chandrawin­ata itu pun menceritak­an pengalaman­pengalaman diving- nya di beberapa laut di Indonesia. Menurut dia, Indonesia memiliki potensi wisata bahari terbesar.

Salah satu tempat favorit Nadine adalah pulaupulau di Maluku Barat Da ya, salah satunya Metimarang. (wik/ c23/ano)

 ?? WIWIE HERYANI/JAWA POS ?? diving
tote bag.
WIWIE HERYANI/JAWA POS diving tote bag.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia