Jawa Pos

Tahun Depan Membelah Australia

-

BAGI para pe- touring, pergi ke tempat-tempat yang eksotis memang ibarat candu. Itu juga berlaku bagi Aristi Prajwalita Madjid. Saat ini dia sudah bersepeda di Asia hingga Eropa. Ada benua terdekat yang dia kunjungi dalam waktu dekat ini: Australia.

Rencananya Aristi membelah Australia dari sisi barat menuju timur. Tepatnya dari Perth menuju Melbourne. Rute itu memang sangat terkenal dan menantang bagi semua cyclist jarak jauh di dunia. Salah seorang cyclist Indonesia yang pernah menaklukka­n rute tersebut adalah Bambang Hertadi Mas atau biasa dikenal dengan Paimo.

Aristi berniat mewujudkan itu tahun depan. Namun, dia saat ini masih melakukan persiapan. ”Bisa jadi nanti yang paling sulit adalah minta izin kepada keluarga,” ujarnya, lantas tertawa.

Menurut Aristi, Australia memiliki beragam keunikan yang bisa dinikmati pe- touring seperti dirinya. Namun, yang pasti, Aristi akan berhadapan dengan rute tersulit, yakni Great Central Road yang membentang dari ujung barat ke timur Australia. Itu merupakan jalan lurus yang panjang serta membosanka­n.

Namun, menurut Aristi, justru di situlah kenikmatan bagi seperti dirinya. Menurut dia, tantangan utama bagi adalah menaklukka­n diri sendiri dari rasa bosan dan lelah. ”Termasuk di Australia nanti. Selain keunikan alamnya, tentu cuaca bisa jadi tantangan jika ke sana saat musim panas,” ujarnya.

Meski demikian, dia mengaku tak pernah kapok untuk terus mengayuh sejauh ribuan kilometer ke berbagai belahan bumi lainnya. (mat/c10/nur)

 ??  ?? sack
Bike trailer
dry long distance cyclist
long distance cyclist
sack Bike trailer dry long distance cyclist long distance cyclist
 ?? DOK PRIBADI ?? BUKTI NYATA: Aristi suka memotret sepedanya di tetengerte­tenger sebuah negara. Salah satunya ketika dia sampai di Tembok Besar Tiongkok. PEREMPUAN TANGGUH: Aristi (empat dari kiri) berpose bersama kawan-kawannya setelah berlatih.
DOK PRIBADI BUKTI NYATA: Aristi suka memotret sepedanya di tetengerte­tenger sebuah negara. Salah satunya ketika dia sampai di Tembok Besar Tiongkok. PEREMPUAN TANGGUH: Aristi (empat dari kiri) berpose bersama kawan-kawannya setelah berlatih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia