Jawa Pos

Demi Sousa dan Eropa

-

FIORENTINA (4-2-3-1)

FLORENCE – Tiket Eropa atau Liga Champions adalah target yang dibebankan manajemen Fiorentina kepada Paulo Sousa. Target itu mulai menjauh setelah Fiorentina gagal menorehkan kemenangan dalam empat laga terakhir di Serie A. Jangankan Liga Champions, tiket Europa League alias posisi lima besar pun bisa melayang jika performa Borja Valero dkk tak kunjung stabil.

Sampdoria adalah ujian awal La Viola –julukan Fiorentina– pascajeda laga internasio­nal. Saat melawat ke Luigi Ferraris pada 8 November lalu, La Viola bisa menang dengan skor 2-0. Kans untuk mengulang memori manis di Luigi Ferraris pun sangat terbuka. Sebab, Sampdoria adalah tim dengan penampilan tandang terburuk ketiga di Serie A. Total, mereka sudah menelan sembilan kekalahan dari 15 kali away. Sebaliknya, Fiorentina punya catatan laga kandang yang menawan. Mereka sudah menorehkan sepuluh kemenangan di Artemio Franchi. ’’Kami harus bisa memanfaatk­an tuah Artemio Franchi,’’ kata Sousa kepada Forza Italia.

Pelatih asal Portugal itu belum mengomenta­ri posisinya yang terancam. ’’Aku tidak berpikir harus menjelaska­n semuanya,’’ lanjut Sousa seperti dilansir Football Italia. ’’Aku hanya fokus 12-Tatarusanu (g); 4-Tomovic, 2-Rodriguez, 13-Astori, 28-Alonso; 5-Badelj, 20-Valero ©; 27-Tello, 72-Ilicic, 10-Bernardesc­hi; 30-Babacar Pelatih: Paulo Sousa 2- Viviano ( g); 5- Cassani, 16- Ranocchia, 4- Moisander; 29-De Silvestri, 7-Fernando, 20-Kristicic, 11-Dodo; 21-Soriano, 25-Alvarez; 27-Quagliarel­la (c) Pelatih: Vincenzo Montella kepada pemainku dan membantu mereka terus berkembang setiap waktu,’’ imbuhnya.

Kendala yang mungkin dialami Sousa adalah absennya striker Nikola Kalinic karena akumulasi kartu kuning. Padahal, Kalinic adalah top skor Fiorentina di Serie A dengan koleksi sebelas gol. Sebagai gantinya, Sousa bakal memasang Khouma Babacar sebagai penyerang tunggal di depan trio Federico Bernardesc­hi, Ilicic, dan Cristian Tello.

’’Kemenangan dari Sampdoria membutktik­an bahwa kami berada di jalur yang benar, dan memberi kami feeling bagus atas apa yang kami kerjakan,’’ ucap eks pelatih Basel tersebut. (apu/c23/bas)

SAMPDORIA (3-4-2-1)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia