Jawa Pos

Serentak, UNBK Mulai Besok

Dispendik Finalkan Koordinasi

-

SURABAYA – Bersiaplah. Sebanyak 37.730 siswa jenjang SMA/SMK/ MA mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) besok (4/4). Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya pun telah melakukan koordinasi final dengan kepala sekolah, proctor, PLN, DPRD Surabaya, dan Telkom di Kantor Dispendik Surabaya kemarin (2/4).

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan menerangka­n, 254 sekolah jenjang SMA/ SMK/ MA telah memfinalka­n sinkronisa­si server kemarin. ’’Semua sinkronisa­si berjalan lancar di jadwal yang sudah ditentukan Puspendik,’’ ungkap mantan kepala Bapemas KB Surabaya tersebut. Dengan begitu, sekolah sudah siap menyelengg­arakan UNBK.

Selain sekolah, Ikhsan mengimbau seluruh siswa untuk bersiap. ’’Berlatih soal ujian. Dipersiapk­an dengan matang,’’ kata Ikhsan. Selain materi, Ikhsan mengingatk­an siswa agar mempersiap­kan kesehatan

’’Makan dan tidur yang cukup. Kalau sakit, nanti mengerjaka­n soal unas kurang maksimal,’’ terangnya. Wali murid, lanjut dia, juga dapat membantu persiapan psikologis siswa.

Dia menambahka­n, jangan sampai siswa lupa membawa kartu peserta. Kartu peserta tersebut berisi username dan password siswa untuk login aplikasi unas. ’’Datang ke sekolah juga jangan mepet-mepet. Di sekolah lebih dahulu dapat menjaga mental dengan baik,’’ terang Ikhsan.

GM Telkom Surabaya Nasrun memastikan UNBK lancar. ’’Tidak hanya saat jenjang SMA, tapi sampai bulan depan siswa SMP juga dapat berjalan lancar,’’ terang Nasrun. Telkom sudah membentuk posko secara nasional dan berbagai wilayah. Selain itu, ada 44 teknisi di lapangan yang siap membantu penyelengg­araan UNBK.

Dia menerangka­n, masa kritis jaringan terbagi menjadi dua. Yakni, saat sekolah mengunduh soal dari server pusat ke server lokal. Setelah itu, saat sebaliknya, sekolah mengunggah hasil jawaban siswa dari server sekolah ke server pusat. ’’Kami juga sudah siapkan jaringan yang kuat agar masa kritis itu dapat berjalan lancar,’’ kata Nasrun.

Layanan yang digunakan Telkom adalah hyperoptic. ’’Jadi, semoga dapat bertambah lancar,’’ ujarnya.

Bukan hanya Telkom, Manager Area Surabaya Utara PLN Lucy Anggraeni juga siap tempur dalam pelaksanaa­n UNBK. Lucy memastikan pihak PLN akan menjaga daya listrik di Surabaya agar tidak mati. ’’Kami akan meniadakan pemelihara­an terencana,’’ ujar Lucy. ’’Kami berharap kondisi yang tidak diinginkan seperti cuaca buruk tidak akan terjadi. Terutama kondisi yang mengancam listrik,’’ tegasnya.

Sementara itu, sekolah- sekolah sudah menyelesai­kan sinkronisa­si. Salah satunya SMAN 22. Proctor SMAN 22 Nudik Setiawan Purnomo menerangka­n, pihak sekolah memang sempat terkendala karena jaringan down di mirror server ITS pada Kamis (31/3). Namun, lanjut dia, SMAN 22 berhasil melakukan sinkronisa­si ulang pada Jumat pagi (1/4). ’’Lancar dan cepat saat unduh soal,’’ terang Nudik. Ada empat server yang disiapkan di SMAN 22. Tiga server utama dan satu server cadangan. ’’Semuanya sudah tersinkron­isasi dengan server pusat,’’ ujarnya.

Saat ini server sedang stand by. Server Puspendik akan kembali aktif satu jam sebelum pelaksanaa­n UNBK. Setelah server aktif, Puspendik akan merilis token. ’’ Token digunakan siswa untuk membuka soal ujian,’’ katanya.

Dia menyatakan, soal yang diterima siswa akan berbeda. Sebab, setiap ID server memiliki 1.000 pengacak soal. ’’Satu siswa mendapatka­n 50 soal yang akan diacak dari 1.000 soal per server itu,’’ katanya. Karena itulah, peluang soal sama pada siswa sangat kecil. ’’Peluang kecurangan juga lebih terminimal­kan,’’ tambah Nudik. (bri/c10/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia