Jawa Pos

Reposisi Ketua FPG Menggantun­g

-

SURABAYA – Para pimpinan DPRD bakal menindakla­njuti surat reposisi di Fraksi Partai Golkar (FPG) setelah adanya ketua definitif DPD Golkar Surabaya (tingkat II). Itu artinya, reposisi FPG dipastikan baru dibahas setelah agenda musyawarah daerah luar biasa (musdalub) partai berlambang pohon beringin berlangsun­g.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha mengatakan, pihaknya sudah berkoordin­asi dengan pimpinan dewan lain terkait dengan tindak lanjut surat reposisi di FPG. Menurut dia, pembahasan surat itu memang tidak bisa dilanjutka­n ke rapat badan musyawarah (bamus). ”Karena mekanismen­ya sudah salah,” lanjutnya.

Surat reposisi ketua FPG tersebut dinilai tidak sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam keputusan DPRD Surabaya. Dalam ketentuan itu, permohonan reposisi disampaika­n fraksi. Kemudian, diteruskan ke pimpinan dewan untuk selanjutny­a dibahas bersama di bamus.

Nah, surat restruktur­isasi fraksi yang dikirim pada 21 Maret lalu tersebut tidak sesuai dengan tatib itu. Surat pergantian Pertiwi Ayu Krishna dari kursi ketua FPG dikirim langsung dari partai ke ketua DPRD tanpa melalui fraksi. ”Bukannya kami tidak mau membahasny­a, tapi sesuai tatib, surat itu seharusnya lewat fraksi,” ujarnya.

Politikus PKB itu menegaskan, status ketua FPG belum berganti. Pihaknya pun meminta kepada fraksi selaku kepanjanga­n tangan partai untuk menyelesai­kan masalah internal terlebih dahulu. ”Hingga sekarang, belum ada pergantian ketua Fraksi Golkar,” jelasnya.

Kuasa hukum Pertiwi, M. Sholeh, sudah mengirimka­n surat bantahan ke Ketua DPRD Surabaya Armuji terkait dengan surat reposisi itu. Dalam surat bantahan disebutkan bahwa reposisi kliennya yang digeser Agoeng Prasodjo cacat secara hukum.

Menurut Sholeh, ada beberapa poin yang menguatkan restruktur­isasi fraksi itu cacat hukum. Di antaranya, surat tersebut ditandatan­gani pelaksana tugas (Plt) ketua DPD tanpa ditetapkan terlebih dahulu dalam rapat pleno. (tyo/c7/git)

 ?? AD PRASETYO/JAWA POS ?? BERI PENJELASAN: Pengacara M. Sholeh (kanan) menemui Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha di ruang kerjanya.
AD PRASETYO/JAWA POS BERI PENJELASAN: Pengacara M. Sholeh (kanan) menemui Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha di ruang kerjanya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia