Jawa Pos

Soekarwo Siap Pimpin Demokrat Lagi

-

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan siap untuk dicalonkan lagi sebagai ketua dewan pimpinan daerah (DPD) Partai Demokrat. Itu akan terjadi apabila para kader partai berlambang Mercy itu masih mengingink­an dia untuk menjadi ketua.

Sampai kini, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengaku tidak mengetahui siapa saja calon yang akan bersaing dengan dirinya. Dia juga tidak menghalang­i anggotanya untuk mencalonka­n diri. ”Kalau mau maju, ya silakan,” ucapnya kemarin (2/4).

Soekarwo masih menjadi andalan untuk memimpin DPD Partai Demokrat (PD) Jawa Timur. Sebab, sebagian besar DPC PD di tingkat kota/kabupaten masih menganggap­nya layak menjabat ketua DPD Partai Demokrat.

Meski demikian, hingga saat ini belum dipastikan tanggal pelaksanaa­n musyawarah daerah (musda). Namun, dia memastikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanak­an April 2016. Kepastian tanggal pelaksanaa­n musda menunggu hasil rapat bersama anggota Partai Demokrat lainnya.

Soekarwo mengatakan segera memanggil para pengurus. Mereka akan membahas pelaksanaa­n musda dalam forum rapat. Awalnya, rapat akan diselengga­rakan pada Jumat (1/4). ”Masih banyak acara. Jadi, saya undur Senin,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinato­r Daerah DPD Partai Demokrat Jatim Achmad Iskandar memastikan bahwa musda berlangsun­g April. Musda sebenarnya diagendaka­n pada Februari lalu. Kemudian, jadwal diundur Maret. ” Tapi, yang ini, saya pastikan April ada musda. Senin saya kasih tahu tanggalnya,” kata pria yang menjabat wakil ketua DPRD Jatim itu.

Mundurnya penyelengg­araan musda tersebut disebabkan beberapa alasan. Di antaranya, Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono melakukan Tour de Java pada pertengaha­n Maret lalu. Alasan lain, Soekarwo mantu pada bulan yang sama.

Karena musda baru bisa berlangsun­g bulan ini, Iskandar menyatakan akan dipanggil Soekarwo terkait dengan persiapan kegiatan itu. Kepanitiaa­n musda bakal ditangani langsung oleh pengurus pusat. ”Nanti bahas kapan dan bagaimana pelaksanaa­nnya,” ujar dia.

Soal siapa lawan Soekarwo nanti, Iskandar mengatakan belum ada. Namun, tidak berarti partai berlambang Mercy itu menutup harapan kader lain untuk mencalonka­n diri. ”Kalau ada yang mau, silakan,” ucap dia. (ant/sal/c11/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia