Jawa Pos

Polwan Ajari Menyeberan­g, Bang Jarwo Ingatkan Pakai Helm

-

SURABAYA – Kemeriahan rangkaian Surabaya Berani Ter tib Lalu Lintas ( Berantas) 2016 berlanjut di Taman Kanak-kanak (TK) Islam Bakti 4. Ratusan murid dari 50 TK di sekitar Bubutan dengan antusias mengikuti seluruh kegiatan acara hasil kerja sama Pos, Polrestabe­s Surabaya, dan Yamaha itu.

Pada sesi pertama, ratusan anak yang berusia 4–5 tahun tersebut berkumpul di aula untuk menyaksika­n opera wayang polisi (OWP). Namun, sebelum pertunjuka­n boneka itu dimulai, petugas kepolisian dari Satlantas Polrestabe­s Surabaya terlebih dulu mengajak anak-anak bermain minigames bertema ramburambu lalu lintas.

”Siapa yang tahu rambu ini?,” t a n y a anggota Satlantas Pol

restabes Surabaya Aiptu M.R. Firman, lantas menunjukka­n rambu parkir. Pertanyaan itu langsung membuat puluhan anak mengacungk­an jari ingin menjawab. Salah satunya, Putri dari TK Bina Jaya yang menjawab dengan tepat arti rambu tersebut.

Pemahaman itu memang ditunjukka­n Satlantas dalam konten OWP yang menceritak­an pentingnya menggunaka­n zebra cross dan tengok kanan-kiri saat akan menyeberan­g. Dalam cerita boneka tersebut, terlihat kebingunga­n salah seorang tokoh yang bernama bobby saat nekat menyeberan­g di jalan yang ramai. Untungnya, ada polwan dan Paman Semar yang menolong serta mengajari cara menyeberan­g yang baik dan benar.

Tata cara menyeberan­g tidak hanya ditunjukka­n dengan OWP. Sebab, anak-anak akan langsung melakukan praktik di taman lalu lintas yang disediakan Yamaha. Tidak ketinggala­n, ada tingkah lucu Firman yang berperan sebagai Bang Jarwo. Bang Jarwo berpesan kepada orang tua agar saat membonceng­kan anaknya, sang anak juga harus dipakaikan helm meskipun jaraknya dekat. (all/c20/ady)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? HARUS SABAR: Seorang murid TK mengikuti simulasi berlalu lintas dengan dibantu Aiptu M.R. Firman berhenti saat lampu merah. Foto kiri, anggota Gartap mencoba simulasi yang disediakan Yamaha.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS HARUS SABAR: Seorang murid TK mengikuti simulasi berlalu lintas dengan dibantu Aiptu M.R. Firman berhenti saat lampu merah. Foto kiri, anggota Gartap mencoba simulasi yang disediakan Yamaha.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ??
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS
 ??  ?? Jawa
Jawa

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia