Jawa Pos

Tambah Titik Car Free Day

Terbaru, Sepanjang 1 Km di MERR

-

SUKOLILO – Pengguna Jalan Dr Ir H Soekarno harus mencari alternatif jalan baru pagi ini (3/4). Sebab, mulai pukul 06.00–09.00, jalan tersebut harus bebas kendaraan bermotor. Hal itu menyusul langkah pemkot memberlaku­kan car free day (CFD) di jalan yang lebih dikenal sebagai Middle East Ring Road (MERR) II-C tersebut.

’’Besok itu masih uji coba,’’ kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Surabaya Musdiq Ali Suhudy kemarin (2/4). Dia menambahka­n, lokasi CFD MERR mulai perempatan Jalan Arief Rachman Hakim (kantor Disperdagi­n Surabaya) hingga Jalan Kertajaya Indah Timur. Panjangnya sekitar 1 kilometer.

CFD MERR berlangsun­g mulai pukul 06.00–09.00. Selama tiga jam, kendaraan bermotor dilarang melintas. Sebagai gantinya, petugas menyiapkan sejumlah jalan alternatif ( selengkapn­ya lihat grafis).

Dia menyebutka­n, saat ini, pemkot memberlaku­kan CFD di enam titik. CFD yang dilakukan setiap Minggu pagi digelar di lima titik. Yakni, Jalan Raya Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kertajaya, dan Jalan Kembang Jepun. Sementara itu, satu titik lainnya, Jalan Jimerto, digelar setiap Jumat pada minggu keempat. ’’Untuk MERR, masih tahap uji coba. Jika memang efektif, ke depan kami gelar rutin,’’ tuturnya.

Dia mengungkap­kan, kegiatan CFD tersebut bertujuan mengurangi emisi kendaraan bermotor di beberapa lokasi. Selain itu, CFD bertujuan menyediaka­n ruang berolahrag­a dan berinterak­si bagi masyarakat Surabaya. ’’Yang lebih ditekankan, mengedukas­i masyarakat untuk berperilak­u ramah lingkungan. Minimal mengajak warga membiasaka­n mengurangi pemakaian kendaraan Kendaraan dari arah barat dan utara menuju selatan dapat mengarah ke timur melewati Jalan Kertajaya Indah–Jalan Gebang Putih (samping Convention Hall)–Jalan Arif Rahman Hakim–mengarah ke barat menuju persimpang­an Jalan Dr Ir H Soekarno. Kendaraan dari arah selatan ke utara Jalan Dr Ir H Soekarno–Jalan Arif Rahman Hakim mengarah ke barat melalui Jalan Klampis Jaya–Jalan Kertajaya Indah. Kendaraan dari arah utara ke selatan bisa belok kanan ke Jalan Kertajaya Indah– Jalan Klampis Jaya– Jalan Arif Rahman Hakim–dan kembali lagi ke Jalan Dr Ir H Soekarno. bermotor,’’ beber Musdiq.

Selama ini, menurut dia, antusiasme masyarakat Surabaya untuk kegiatan CFD sangat bagus. Dia mencontohk­an CFD di Taman Bungkul. Sedikitnya 5 ribu orang tumplek bleg di taman yang berada di Jalan Raya Darmo tersebut. ’’Dengan penambahan titik baru, diharapkan jumlah pengunjung di area car free day yang sudah ada bisa berkurang,’’ lanjutnya.

Saat uji coba CFD di MERR, sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diturunkan untuk melancarka­n acara. Selain BLH, instansi yang ikut terlibat dalam CFD adalah pihak kepolisian dan dinas perhubunga­n (dishub).

Sementara itu, Polsek Sukolilo juga memastikan CFD perdana di MERR hari ini akan berjalan lancar. Kapolsek Sukolilo Kompol Noerijanto menyatakan, pihaknya telah bersinergi dengan Satlantas Polrestabe­s Surabaya. Selain itu, petugas akan disiagakan di lima gang kecil di sepanjang kanan dan kiri Jalan Dr Ir H Soekarno. Setidaknya akan ada 28 personel kepolisian yang akan berjaga di lokasi CFD. (rst/all/c17nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia