Jawa Pos

Menang Tryout Online, Dapat Laptop

-

SURABAYA – Rona bahagia tampak menyelimut­i wajah Yusuf Alif Pratama. Kemarin siswa kelas XII SMAN 5 Surabaya tersebut berhasil meraih skor tertinggi dalam lomba tryout online yang diadakan Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Dengan begitu, Yusuf mengalahka­n 37.730 siswa lain dalam event itu.

”Saya benar-benar tidak menyangka. Saya berlatih tryout online untuk belajar persiapan UNBK (ujian nasional berbasis komputer, Red),” ucap Yusuf. Sebagai peraih juara pertama, Yusuf berhak mendapatka­n hadiah satu laptop.

Sementara itu, untuk kategori SMP, juara pertama diraih Putri Nabila. Siswa SMPN 13 tersebut juga mengaku senang berlajar menggunaka­n tryout online. Dia tidak menyangka dapat meraih juara pertama lomba tryout online kategori SMP. ”Semua mapel tersedia di tryout online. Setiap saat juga dapat dipelajari,” ungkap Putri.

Sebagaiman­a diketahui, Dispendik Surabaya menggenjot semangat siswa dalam persiapan UNBK melalui tryout online. Lebih semangat lagi, dispendik menyediaka­n uang senilai Rp 100 juta untuk diberikan kepada siswa yang mendapatka­n nilai terbaik. Ada kategori siswa SMP dan SMA. ”Sistem tryout online sudah didesain khusus seperti UNBK asli. Jadi, siswa dapat belajar materi sekaligus sistemnya,” kata Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan.

Mekanisme penilaian, ucap dia, dihitung dari jumlah siswa yang mengerjaka­n tryout online. Dia mengaku bangga kepada seluruh siswa di Surabaya yang semangat mempersiap­kan UNBK mendatang. ”Hal itu dilihat dari banyaknya siswa yang mengerjaka­n tryout online per hari mencapai ribuan,” terangnya. (bri/c20/nda)

 ?? BRIANIKA/JAWA POS ?? BUAH TEKUN: Beberapa siswa yang memenangi lomba tryout online bersama Kadispendi­k Surabaya Ikhsan.
BRIANIKA/JAWA POS BUAH TEKUN: Beberapa siswa yang memenangi lomba tryout online bersama Kadispendi­k Surabaya Ikhsan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia