Jawa Pos

Dispendik Minta Buruh Tunda Aksi

-

SIDOARJO – Rencana aksi buruh bersamaan dengan pelaksanaa­n ujian nasional (unas) tingkat SMA tidak hanya membuat cemas wali murid. Dinas pendidikan (dispendik) juga ikut waswas. Karena itu, mereka mengharapk­an para buruh membatalka­n atau menunda rencana aksi.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo Tirto Adi menyatakan, Senin besok (4/4) merupakan hari yang sangat penting bagi pelajar SMA sederajat. Sebab, hari itu merupakan awal dilaksanak­an ujian yang sangat menentukan bagi masa depan siswa. Nah, pada hari yang sangat penting itu, pihaknya telah mendengar akan ada aksi buruh

Menurut Guzman yang merupakan creative producer Colors Radio, latihan seperti itu bisa meningkatk­an vokal. ’’Sebenarnya, teknik latihan untuk penyiar hampir sama dengan teknik vokal untuk penyanyi,’’ jelasnya.

Putu Gede Francois Sardjana atau yang terkenal dengan sebutan Fafa lantas berkelilin­g ke peserta untuk mengecek teknik bergumam mereka. Fafa juga memberikan pemahaman bagi peserta bahwa setiap penyiar harus tahu fungsi dasar sebuah radio. ’’Radio harus bisa jadi teman bagi para pendengar,’’ katanya.

Karena itu, lanjut dia, penyiar harus bisa mengatur intonasi suaranya seakan-akan berbicara dengan pendengarn­ya, tidak berbicara sendiri. Sepanjang pengalaman Fafa, salah satu yang kadang tidak disadari penyiar adalah terlalu asyik berbicara dengan dirinya sendiri. ’’Seorang penyiar juga harus memiliki wawasan luas,’’ tegasnya.

Bayu Hardy, marketing & communicat­ion supervisor Lippo Plaza, menyatakan bahwa pihaknya mengapresi­asi radio kampus yang masih beredar. ’’Dengan kompetisi semacam ini, diharapkan eksistensi mereka juga bisa dikenal di masyarakat,’’ jelasnya. (vo/c15/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia