Jawa Pos

Rakit Robot, lalu Diadu Main Bola

-

KOTA – Alriski Fitriyani Noviantasa­ri, 10, tampak antusias saat memegang robot soccer. Robot yang bisa bermain sepak bola itu merupakan hasil rakitannya sendiri. Alriski juga berkesempa­tan beradu robot dengan hasil rakitan Ilhamuddin, wakil kepala BAZ (Badan Amil Zakat) Sidoarjo, di pendapa Kabupaten Sidoarjo kemarin (2/3).

Alriski merupakan salah seorang peserta undangan anak yatim dalam acara Robofest 2016. Robofest 2016 merupakan acara yang diselengga­rakan salah satu lembaga amil zakat Sidoarjo, yakni Yatim Mandiri Sidoarjo. Alriski tidak sendiri. Ada 99 anak yatim yang menjadi peserta. ’’ Seneng banget. Ternyata bikin robotnya tidak sulit,’’ ucap Alriski yang kini duduk di bangku kelas IV SDN Punggul Dua Sidoarjo tersebut. Mayoritas peserta memang masih SD.

Acara dimulai pukul 09.00 sampai 11.00. Ada tiga mahasiswa ITS yang memandu merakit robot soccer. Yakni, Mohammad Ilham Febriyanto, Alin Wahyu Setiawan, dan Fajar Alif. Cara merakit robot terbilang mudah. Peserta tinggal memasang beberapa komponen kabel dan baterai. Setelah itu langsung bisa dipakai. ’’Setelah dirakit, nanti peserta main adu robot seperti yang dilakukan sama Alriski dengan Pak Ihamuddin,’’ ucap Alin Wahyu Setiawan sambil menunjukka­n cara memasang salah satu komponen kabel.

Staf Public Relations Robofest 2016 Mukti menuturkan, acara tersebut bertujuan mengenalka­n cara merakit robot dengan sederhana. Dia menjelaska­n, 100 anak yatim yang diundang mayoritas memiliki prestasi di sekolah masing-masing di bidang akademik. ’’Siapa tahu setelah mengikuti Robofest 2016 ini ternyata mereka (peserta, Red) menyukai dunia robot, kemudian mendalami cara membuat robot. Dan akhirnya menjadi anak yatim yang produktif serta unggulan,’’ ungkapnya.

Pernyataan tidak jauh berbeda diungkapka­n Ilhamuddin. Dia mengatakan harus ada yang bisa diunggulka­n dari anak yatim. Menurut wakil ketua 3 BAZ itu, butuh kolaborasi antara lembaga amil dan sosial untuk membuat anak yatim lebih unggul dan produktif. ’’Misal, hari ini (kemarin, Red), Yatim Mandiri berkolabor­asi dengan BAZ yang memberikan bantuan 100 bingkisan,’’ jelasnya. ( sam/c15/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia