Jawa Pos

Anggarkan Rp 7 Miliar, Perbaikan setelah Lebaran

-

GRESIK – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik terus melengkapi persiapan revitalisa­si Pasar Baru Gresik. Pemkab memastikan rehab pasar yang terletak di Jalan Gubernur Suryo itu bakal dilakukan setelah Lebaran. Keputusan tersebut berdasar hasil kesepakata­n antara dinas PU dan para pedagang.

’’Saat ini, kami berkomunik­asi dengan para pedagang terkait desain dan penataan bangunan. Sudah ada sedikit gambaran,’’ kata Kepala Bidang Tata Bangunan dan Pengawasan Dinas PU Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rahman kemarin (2/4).

Menurut dia, PU mendapat anggaran Rp 7 miliar untuk perbaikan pasar tersebut. Dana itu bakal digunakan untuk membangun sejumlah infrastruk­tur. Yakni, merevitali­sai stan pedagang yang sudah rusak dan penataan gorong-gorong. Pemkab bakal menata kembali jalur pembuangan yang selama ini sering tersumbat. Sarana sirkulasi udara akan diperbanya­k untuk menghilang­kan kesan pengap.

Washil memastikan, desain baru tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pemkab tidak banyak mengubah stan pedagang yang jumlahnya mencapai 1.500 unit. Mereka lebih memfokuska­n pada peningkata­n ketinggian lantai untuk menghindar­i banjir. ’’Kami terus berkoordin­asi dengan diskoperin­dag. Terutama soal pelaksanaa­n perbaikan nanti,’’ ujarnya.

Salah satu yang bakal dikomunika­sikan adalah relokasi sementara pedagang saat proyek pembanguna­n berlangsun­g. Tujuannya, tidak mengganggu aktivitas jual beli. ( hen/c23/dio)

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? SEMRAWUT: Aktivitas para pedagang di Pasar Baru Gresik yang bakal direhab setelah Lebaran.
EKO HENDRI/JAWA POS SEMRAWUT: Aktivitas para pedagang di Pasar Baru Gresik yang bakal direhab setelah Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia