Jawa Pos

Bermain Air Tunjang Tumbuh Kembang Anak

-

GRESIK – Akhir pekan waktunya berlibur. Salah satu destinasi wisata bersama keluarga adalah pantai atau kolam renang. Ternyata, bagi si kecil, manfaat bermain air sangat besar.

Elita Tandy, psikolog yang berpraktik di sebuah klinik kawasan Randuagung, menyatakan, mengajak si kecil berenang bersama ayah bunda tidak hanya menjadi momen belajar mengenal air bagi buah hati. Momen tersebut juga akan memberikan rasa senang, nyaman, dan bahagia untuk mereka. Kebersamaa­n di kolam renang atau pantai akan menambah ikatan emosi dan interaksi antara anak dan orang tua.

Nadia Attuwy, psikolog yang berpraktik di RS Petrokimia Gresik, mengungkap­kan, berenang dapat memelihara dan meningkatk­an kebugaran si kecil. Olahraga air itu pun mampu meningkatk­an kekuatan otot maupun mempercepa­t pertum- buhan tulang serta menjadi sarana latihan untuk keselamata­n diri.

Si kecil juga memperoleh kesempatan untuk bergerak dengan bebas dan leluasa. Kebebasan dan keleluasaa­n itu merupakan rangsangan yang luar biasa, terutama untuk aspek psikologis anak. ’’Seperti memupuk kebe keberanian,ranian, perasaan mampu, serta rasa percaya diri si kecil,’’ tambah Nadia.

Berenang di tempat umum seperti kolam renang dan pantai juga memberikan kesempatan bagi si kecil untuk bertemu dengan banyak orang. Mulai seusianya hingga orang dewasa. Di momen tersebut, Elita menyatakan, secara tidak langsung mereka akan belajar bersosiali­sasi dan tidak takut bila berada di tempat

umum. ( ndi/c23/dio)ndi/ c23/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia