Jawa Pos

Bahan Herbal Alami Usir Bau Badan

-

SURABAYA – Aktivitas berjibun memicu keringat bercucuran. Tak jarang, muncul bau badan. Sebab, ada bakteri di daerah yang lembap terkena keringat. Padahal, bau badan sering membuat seseorang tidak percaya diri berinterak­si dengan orang lain. Apalagi, bau tak sedap begini mungkin mengganggu orang di sekitarnya. Untuk mengatasin­ya, cara alami bisa ditempuh. Ada pula yang menyemprot­kan bahan kimia seperti parfum.

Sejatinya bahan-bahan alami di sekitar kita dapat dimanfaatk­an untuk mengatasi bau badan. Sebut saja sirih, daun kemangi, daun beluntas, dan temulawak. ’’Bahan alami itu mengandung zat-zat yang dapat mengatasi bau badan,’’ kata Ketua Pusat Penelitian Obat Tradisiona­l (PPOT) UWM Lanny Hartanti.

Daun sirih dikenal sebagai antiseptik ala mi. Bau badan yang bisa timbul karena bak teri mampu dihilangka­n dengan daun sirih. ’’ Daun sirih bisa direbus, lalu airnya di ambil,’’ jelas Lanny. Air rebusan tersebut dapat diminum. Selain itu, air tersebut sah- sah saja dipakai untuk mandi.

Daun beluntas dan kemangi juga berkhasiat menghilang­kan bau badan. Uniknya, daun itu boleh dikonsumsi. Daun beluntas bisa dibuat botok atau dijadikan urap. ’’Daun kemangi sudah sering digunakan untuk lalapan,’’ ujar Lanny.

Sementara itu, temulawak biasanya dikonsumsi sebagai minuman. Rimpang yang mengandung saponin tersebut mampu mengurangi bau badan. ’’ Temulawak bisa diparut, lalu airnya diperas. Agar rasanya enak, bisa ditambahka­n madu,’’ terangnya.

Menurut Lanny, nenek moyang sebenarnya sudah memilih bahan makanan apa saja yang bermanfaat dengan tubuh. ’’ Yang dimakan itu pasti ada manfaatnya,’’ tegasnya. (lyn/c14/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia