Jawa Pos

Runway Halim Tidak Klir

Pesawat Batik Air Senggol TransNusa

-

JAKARTA – Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai penerbanga­n Batik Air yang sedang lepas landas menuju Makassar di landasan pacu Bandara Halim Perdanakus­uma menyenggol pesawat kecil jenis ATR milik maskapai penerbanga­n TransNusa. Terjadi kebakaran di bagian sayap pesawat Batik Air. Sebanyak 49 penumpang selamat.

Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait menyatakan, pesawat Batik Air dengan registrasi PK-LBS dan nomor penerbanga­n ID 7703 sudah berada dalam kondisi diizinkan ( release) untuk take-off oleh menara pengawas (ATC). ’’ Tapi, sewaktu melakukan itu, terjadi senggolan dengan pesawat milik TransNusa yang sedang ditarik towing ke hanggar,’’ jelasnya kemarin (4/4)

Menurut dia, seharusnya runway sudah klir atau aman untuk dilalui. Mengetahui terjadinya senggolan itu, pilot membatalka­n penerbanga­n untuk memastikan keselamata­n penumpang. ”Terkait kejadian itu, kami tunggu saja hasil penyelidik­an lembaga yang berwenang,” katanya.

Saat kejadian, pesawat Batik Air membawa 49 penumpang dan 7 kru. Pria yang akrab dipanggil Edo itu menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. ”Dipastikan semua pe- numpang dan kru selamat dan kami siap terbangkan kembali dengan pesawat pengganti yang lain,” tegasnya.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) J.A. Barata mengaku telah mendapat laporan soal kejadian tersebut.

Menurut laporan yang dia terima, insiden itu terjadi pukul 19.55 WIB di landasan pacu Halim Perdanakus­uma.

Pihaknya belum bisa menyimpulk­an siapa yang bersalah dalam kejadian tersebut karena harus menunggu hasil penyelidik­an Komisi Nasional Keselamata­n Transporta­si (KNKT). ”Menurut saksi, tabrakan itu terjadi saat pesawat Batik sedang dalam proses take-off. Namun, di jalur tersebut masih ada pesawat TransNusa yang ditarik menuju hanggar,” jelasnya.

Dalam kejadian itu, pesawat ATR rusak pada bagian ekor dan sayap bagian kiri. Sementara itu, pesawat Batik Air rusak di bagian ujung sayap sebelah kiri.

Sebagai respons atas kejadian tersebut, Kemenhub telah menginstru­ksikan penutupan sementara Bandara Halim Perdanakus­uma untuk evakuasi pesawat. (wir/bil/c5/sof)

 ?? ISTIMEWA ?? take-off
ISTIMEWA take-off
 ?? ISTIMEWA ?? SALAH SIAPA?: Sayap Boeing 737-800 milik Batik Air (foto kanan) rusak setelah bersenggol­an dengan pesawat ATR milik TransNusa. Saat itu pesawat TransNusa sedang ditarik menuju hanggar.
ISTIMEWA SALAH SIAPA?: Sayap Boeing 737-800 milik Batik Air (foto kanan) rusak setelah bersenggol­an dengan pesawat ATR milik TransNusa. Saat itu pesawat TransNusa sedang ditarik menuju hanggar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia