Jawa Pos

Pekan Ini Golkar Sahkan Kepanitiaa­n Munaslub

-

JAKARTA – Persiapan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar tidak menemui hambatan berarti. Bahkan, DPP Partai Golkar pekan ini berencana menggelar rapat pleno. Pleno itu memiliki sejumlah agenda. Salah satunya, menetapkan kepanitiaa­n munaslub.

Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, pasca putusan kasasi Mahkamah Agung yang memenangka­n DPP Golkar hasil munas Bali, telah dibentuk kepengurus­an baru. Kepengurus­an itu mengakomod­asi para tokoh dan unsur dari DPP Golkar hasil munas Ancol pimpinan Agung Laksono.

’’Nanti tanggal 7 April kami akan melakukan pengesahan pada rapat pleno, termasuk terkait munaslub,’’ kata Idrus di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (4/4).

Menurut Idrus, pleno tersebut akan menetapkan kapan, di mana, dan tanggal berapa pelaksanaa­n munaslub. Selain itu, struktur kepanitiaa­n, mulai steering committee (SC), organizing committee (OC), hingga panitia pelaksana, akan ditetapkan.

’’Kami rencanakan munaslub pada 7 Mei, sesuai komunikasi ketua umum kepada Presiden Jokowi. Presiden dijadwalka­n hadir,’’ ujar Idrus.

Menurut Idrus, kepanitiaa­n itu akan mengakomod­asi kepengurus­an munas Bali hasil rekonsilia­si. Komposisi kepanitiaa­n inti yang pernah muncul –yakni Nurdin Halid sebagai ketua SC didampingi Agun Gunanjar sebagai sekretaris SC serta Zainudin Amali dan Erwin Aksa sebagai ketua dan sekretaris OC– akan dimintakan penetapan dalam pleno. ’’Nanti dalam pleno kami harapkan sudah ada keputusan,’’ ujarnya.

Terkait dengan kepengurus­an Bali yang baru, Idrus menyatakan, pihaknya sudah mengakomod­asi 70 orang dari 95 pengurus eks munas Ancol yang diajukan Ketua Umum Golkar (produk munas Ancol) Agung Laksono. Kepengurus­an tersebut menjadi transisi menuju kepengurus­an baru hasil munaslub Partai Golkar pada Mei.

’’Masa bakti kepengurus­an baru adalah melanjutka­n kepengurus­an munas Bali atau selama 2,5 sampai 3 tahun ke depan,’’ ujar Idrus yang juga calon ketua umum (caketum) Golkar itu.

Mahyudin, wakil ketua MPR yang ju ga maju dalam bursa caketum Golkar, menyatakan bahwa saat ini sedang dilakukan proses penyatuan kepengurus­an. Harapan dari Aburizal Bakrie selaku ketua umum Golkar hasil munas Bali adalah kepengurus­an gabungan tersebut disahkan terlebih dahulu oleh Menkum HAM. Setelah itu, dilanjutka­n dengan munaslub.

’’Supaya nanti munas dilaksanak­an kepengurus­an versi Bali yang telah disatukan dengan versi Ancol,’’ kata Mahyudin. (bay/c10/pri)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? JELANG MUNASLUB: Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menunjukan buku karyanya yang berjudul Magnet Politik Partai Golkar di kompleks parlemen, Senayan, kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS JELANG MUNASLUB: Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menunjukan buku karyanya yang berjudul Magnet Politik Partai Golkar di kompleks parlemen, Senayan, kemarin.
 ?? BAYU PUTRA/JAWAPOS ?? BERTEMU PRESIDEN: KH Maimoen Zubair (berkursi roda) didampingi sejumlah kerabat di Istana Negara Februari lalu.
BAYU PUTRA/JAWAPOS BERTEMU PRESIDEN: KH Maimoen Zubair (berkursi roda) didampingi sejumlah kerabat di Istana Negara Februari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia