Jawa Pos

Beredar Kunci Jawaban

Hari Pertama Unas

-

JAKARTA – Bertambah banyaknya sekolah pelaksana ujian nasional berbasis komputer (UNBK) efektif meredam masalah penyelengg­araan ujian tahunan itu. Hingga kemarin petang (4/4) tidak banyak kejadian menonjol yang masuk ke saluran pengaduan Kemendikbu­d.

Seperti yang diprediksi, Kemendikbu­d tidak bisa menghapus 100 persen potensi masalah dalam penyelengg­araan unas. Terbukti, pada hari pertama pelaksanaa­n unas kemarin, masih muncul persoalan klasik, yaitu temuan kunci jawaban. Masalah gangguan komputer di sekolah pelaksana UNBK juga terjadi.

Temuan kertas berisi kunci jawaban terjadi di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjelaska­n, kunci jawaban itu ditemukan di SMAN 2 Medan. ”Kami sudah serahkan kunci jawaban tersebut ke kepala sekolah untuk ditindakla­njuti,” ujarnya kemarin.

Abyadi mengatakan, ada dua bentuk kunci jawaban yang ditemukan tim Ombudsman Sumut. Yang pertama adalah kunci jawaban yang ditulis tangan dan satunya lagi diketik rapi serta difotokopi.

Mendikbud Anies Baswedan di kantornya kemarin mengomenta­ri peredaran kunci jawaban itu. ”Kita sudah tidak perlu mendebatka­n lagi kunci itu cocok atau tidak cocok,” tuturnya.

Di Surabaya, 254 SMA/SMK/ MA serentak melaksanak­an UNBK. Kondisi tersebut mendapatka­n apresiasi dari Anies. ”Surabaya menjadi satu-satunya kota yang melaksanak­an UNBK 100 persen dengan jumlah penyelengg­ara dan peserta paling banyak di Indonesia,” ujar Anies saat memantau pelaksanaa­n UNBK di SMA Hang Tuah 1 dan SMAN 8 kemarin. (wan/bri/puj/c9/agm)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SIDAK: Anies Baswedan, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i berfoto bersama peserta UNBK di SMA Hang Tuah 1 Surabaya kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS SIDAK: Anies Baswedan, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i berfoto bersama peserta UNBK di SMA Hang Tuah 1 Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia