Jawa Pos

Banjir-Tanah Longsor Renggut 55 Nyawa

-

PESHAWAR – Tim SAR Pakistan masih berjuang keras menyelamat­kan ribuan warga yang terjebak di Provinsi Khyber Pakhtunkhw­a. Di tengah hujan deras dan ancaman longsor, tim penyelamat gabungan yang dibantu polisi dan militer itu menyisir kawasan rawan longsor di sisi barat laut Pakistan dan sebagian wilayah Kashmir.

Hingga kemarin (4/4), jumlah korban tewas tercatat sedikitnya 55 orang. Latifur Rehman, jubir Badan Penanggula­ngan Bencana Alam Provinsi Khyber Pakhtunkhw­a, menyatakan bahwa jumlah korban tewas masih bisa bertambah. ”Kami sedang berkoordin­asi dengan militer untuk melibatkan helikopter dalam misi penyelamat­an,” ujarnya.

Sejauh ini, menurut Rehman, tim penyelamat masih belum bisa menjangkau wilayah yang dilanda kerusakan terparah. Sebab, penyelamat­an lewat jalur darat tidak mudah. Medan yang harus dilewati terlalu berbahaya. ”Kami kesulitan menjangkau permukiman yang porak-po- randa akibat longsor. Kami tidak bisa mengevakua­si korban yang mungkin masih tertimbun reruntuhan bangunan,” jelasnya.

Di Khyber Pakhtunkhw­a, ada tiga distrik yang rusak parah akibat longsor pada akhir pe- kan lalu. Di sana ada belasan rumah yang hampir rata dengan tanah. Sebenarnya, pemerintah sudah mengirim empat truk bantuan pangan dan obat-obatan ke lokasi bencana. Sayangnya, empat truk itu tidak bisa menjangkau lokasi tujuan karena jalan menuju tiga distrik tersebut tertutup longsoran.

Tiap tahun musim hujan selalu memantik bencana alam di Pakistan. Yakni, banjir dan tanah longsor. Kendati demikian, sebagian warga tetap bertahan di rumah mereka di lokasi rawan longsor. Sebab, mereka rata-rata berprofesi sebagai petani dan mempunyai lahan di kawasan perbukitan. Kali ini, giliran kawasan barat laut dan utara Pakistan yang terus-menerus diguyur hujan dengan intensitas tinggi. (AFP/ Reuters/hep/c20/ami)

 ?? REUTERS/FAYAZ AZIZ ?? MENERJANG BAHAYA: Warga berusaha menyeberan­gi jembatan yang diterjang banjir bandang di Distrik Nowshera, Peshawar.
REUTERS/FAYAZ AZIZ MENERJANG BAHAYA: Warga berusaha menyeberan­gi jembatan yang diterjang banjir bandang di Distrik Nowshera, Peshawar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia