Jawa Pos

Tak Ada Alasan untuk Meremehkan

-

MUENCHEN – Tak diragukan lagi, Bayern Muenchen merupakan favorit juara di Liga Champions musim ini. Apalagi, secara kebetulan, lawan yang dihadapi pada perempat final hanya tim asal Portugal, Benfica. Tapi, itu bukan alasan untuk tidak waspada.

Bayern juga memiliki modal yang kurang gereget dalam menjamu Benfica di Allianz Arena dini hari nanti (siaran langsung beIN Sport 2 pukul 01.45 WIB). Sebab, dalam laga Sabtu lalu (2/4), tim itu kesulitan mengatasi tim peringkat bawah Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Bayern hanya menang 1-0.

Nyaris saja Bayern gagal meraih poin penuh. Untung, pemain senior Franck Ribery membuat gol semata wayang pada menit ke-20. Gol itu sekaligus menyelamat­kan muka FC Hollywood –julukan Bayern. ”Saat itu fokus kami sudah ke pertanding­an tengah pekan melawan Benfica. Jadi, di pertanding­an kali ini, seharusnya kami bermain jauh lebih baik,” ucap striker Bayern Robert Lewandowsk­i seperti dikutip Goal kemarin.

Pada laga kontra Frankfurt, permainan Bayern memang jauh dari kata tajam. Meski unggul jauh dalam penguasaan bola (69 persen berbanding 31 persen), Lahm dan kawankawan hanya mampu menciptaka­n satu gol. Padahal, terjadi 21 tembakan ke gawang sepanjang laga.

”Kami tidak menemukan presisi yang pas dalam eksekusi terakhir. Pemain kehilangan konsentras­i,” ucap pelatih Bayern Guardiola, mengevalua­si. Pelatih 45 tahun itu berharap anak asuhnya menunjukka­n penampilan yang lebih baik di hadapan pendukung sendiri dini hari nanti.

Bayern Muenchen (4-1-4-1) 1-Neuer (g); 21-Lahm (c), 8-Martinez, 27-Alaba, 18-Bernat; 23-Vidal; 11-Costa, 25-Mueller, 6-Alcantara, 7-Ribery; 9-Lewandowsk­i Josep Guardiola

Benfica (4-2-3-1) 1-Moraes (g); 28-Silvio, 14-Lindelof, 33-Jardel, 19Eliseu; 85-Sanchez, 7-Samaris; 21-Pizzi, 17-Jonas, 10-Gaitan (c); 11-Mitroglou Rui Vitoria

Allianz Arena, Muenchen Szymon Marciniak (Polandia)

Benfica datang ke markas Bayern dengan modal lebih baik. Tim asuhan Rui Vitoria itu baru menghajar Braga 5-1 di Primeira Liga Jumat lalu. Di laga tersebut, penyerang Benfica asal Brasil, Jonas Goncalves Oliveira, menciptaka­n gol ke-30-nya di Liga Portugal musim ini. Jumlah gol yang melebihi raihan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di La Liga.

Meski dalam sejarah pertemuan kedua tim di ajang Eropa Bayern selalu mampu mengalahka­n Benfica dengan head-to-head 3-0, tidak ada alasan bagi Bayern untuk meremehkan pimpinan klasemen Liga Portugal itu. ”Benfica ada di perempat final Liga Champions bukan tanpa alasan. Itu bukan kebetulan. Benfica menjadi satu di antara tim-tim besar yang ada di dunia saat ini,” ucap Hans-Joerg Butt, mantan kiper timnas Jerman. Pria 41 tahun itu tercatat pernah berkostum Bayern maupun Benfica sepanjang karir. (irr/c11/ham)

Pelatih: Stadion: Wasit:

Pelatih:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia