Jawa Pos

Karena Tribun Selatan Simpan Banyak Memori

Terhitung sejak Senin dini hari WIB (4/4), jangan lagi menyebut tribun selatan di Old Trafford sebagai South Stand. Hafalkan namanya menjadi Sir Bobby Chartlon Stand sebagai penghargaa­n kepada pemain legendaris Manchester United Sir Bobby Chartlon. Peng

-

WAJAHNYA seperti menahan air mata dari kedua matanya. Ya, air mata haru. Begitulah raut wajah Sir Bobby Charlton setelah namanya dipanggil ke tengah lapangan sebelum laga Manchester United melawan Everton di Old Trafford, Manchester, Minggu malam WIB (3/4).

Sir Bobby yang sekarang menjabat Dewan Direksi United tidak dapat menahan haru begitu namanya resmi menjadi nama tribun selatan Old Trafford. ’’Hari ini kami katakan #ThankYouSi­rBobby dengan mengganti nama tribun selatan. Ayolah retweet dan tunjukkan apresiasim­u untuk legenda United ini!’’ kicau akun Twitter resmi United @ManUtd.

Sebagaiman­a dilansir Daily Mail, pergantian nama dari South Stand menjadi Sir Bobby Charlton Stand itu dilakukan sebagai penghargaa­n atas loyalitasn­ya. Pengingatn­ya, tanggal peresmian tersebut berte- patan dengan 60 tahun debut sosok yang sudah memberikan 199 gol dari 606 penampilan bersama Setan Merah tersebut.

Mengapa harus tribun sebelah selatan? CEO United Ed Woodward di dalam situs resmi United menjelaska­n bahwa tribun selatan memang layak bagi Sir Bobby. Sebab, di tribun itulah, pria yang sekarang berusia 78 tahun tersebut menghabisk­an waktunya. Baik ketika sebagai pemain (1956–1973) maupun direksi United sejak 1984.

Tribun selatan terdiri atas dua tribun khusus yang biasa diberikan kepada direktur United dan

lawas Theatre of Dream, sebutan Old Trafford. ’’ Tribun itu layak menggambar­kan pengabdian Sir Bobby sebagai pemain ataupun dewan direksi,’’ ujar Woodward.

Dengan mengganti nama tribun selatan menjadi Sir Bobby Charlton Stand, lanjut Woodward, diharapkan nama Sir Bobby tetap harum di Old Trafford. ’’Beliau menjadi representa­si kami dalam hal apa pun, baik dalam sepak bola maupun di luar sepak bola,’’ tuturnya.

Dikutip dari Mirror, Sir Bobby menyatakan, di tribun mana pun, dirinya tetap bangga dengan penghargaa­n tersebut. ’’Karena United bagian terbesar dalam hidup saya dan di sini pun (Old Trafford) tersimpan banyak kenangan hebat saya. Kebanggaan bagi saya dan keluarga tentu,’’ kata Sir Bobby.

’’Sebagai pemain, saya teringat gol-gol yang pernah saya buat di stadion ini dan terkenang dengan siapa saja saya bermain ketika itu. Sebagai direktur, tidak ingat berapa laga saya menemani pemain. Sungguh ini tempat yang spesial bagi saya,’’ lanjut pria yang membawa United juara First Division (nama lama Premier League) pada musim 1956–1957, 1964– 1965, dan 1966–1967 tersebut.

Penghormat­an kepada Old Trafford itu makin lengkap. Pada saat yang sama, United mengalahka­n Everton 1-0 via gol Anthony Martial pada menit ke-54. Sekadar catatan, gol Martial tersebut menjadi gol ke1.000 United di Old Trafford. ’’Kemenangan ini untuk Sir Bobby,’’ ungkap pelatih United Louis van Gaal.

Berbicara setelah laga kontra The Toffees, julukan Everton, Van Gaal mengidolak­an sosok Sir Bobby sejak kecil. ’’Oh ya, saya ingat satu orang lagi. Sir Bobby dan Jimmy Greaves. Dia selalu ada dalam pikiran saya, kemudian saya bertemu di sini setelah menjadi pelatih. Sungguh kehormatan yang luar biasa. Penghormat­an hari ini layak baginya,’’ tandasnya. (ren/c14/ko)

 ?? DAILYMAIL ?? BANGGA: Sir Bobby Charlton menyapa fans saat namanya dijadikan nama tribun selatan Stadion Old Trafford Minggu malam.
dressing room
DAILYMAIL BANGGA: Sir Bobby Charlton menyapa fans saat namanya dijadikan nama tribun selatan Stadion Old Trafford Minggu malam. dressing room

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia