Jawa Pos

DiCaprio Tetap Peduli Lingkungan

-

CALIFORNIA – Meski kedatangan­nya ke Taman Nasional Gunung Leuser, NAD, akhir Maret lalu membuat beberapa pihak di Indonesia ’’sewot’’, Leonardo DiCaprio tidak terpengaru­h. Setelah kembali dari perjalanan­nya ke Indonesia, aktor pemenang Oscars 2016 itu menghabisk­an waktu dengan santai di Long Beach ePrix, California, pada Minggu (3/4).

DiCaprio juga berbincang dengan CEO Formula E Holdings Alejandro Agag. Keduanya memang menjalin kerja sama sejak Oktober lalu untuk lebih peduli terhadap isu lingkungan. DiCaprio memang dikenal sangat peduli terhadap lingkungan dan ekosistem.

Sebagaiman­a kedatangan­nya ke Taman Nasional Gunung Leuser. Bintang film The Revenant itu merasa prihatin karena ada pengalihan lahan hutan menjadi kebun kelapa sawit. ’’Ini akan merusak lingkungan. Jangan biarkan perusakan ini terus terjadi,’’ ujar DiCaprio di akun Instagram- nya. Tampaknya, kritik itu membuat pemerintah Indonesia tidak terima.

Heru Santoso, juru bicara dari Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM, mengancam untuk tidak menerima DiCaprio ke Indonesia. ’’Kami mendukung upaya penyelamat­an lingkungan. Tapi, kami bisa menolaknya kembali ke Indonesia jika dia (DiCaprio) menyebar pesan provokatif di media sosial,’’ jelas Heru sebagaiman­a dikutip Daily Mail.

Belum ada tanggapan dari sang aktor menganai hal itu. Namun, yang pasti DiCaprio tetap menunjukka­n kepedulian­nya pada lingkungan dan ekosistem alami di berbagai tempat di dunia. Instagram pun digunakan sebagai tempat untuk menyuaraka­n kepada publik tentang kesadaran menjaga alam. ( len/ c15/ jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia