Jawa Pos

Rombak Total Jadwal ISC-A

Respons Panitia Terkait Keberatan Sejumlah Klub

-

JAKARTA – Jadwal kickoff kompetisi Indonesia Soccer Championsh­ip (ISC)–A 2016 tinggal sepuluh hari lagi. Kompetisi terobosan yang sengaja digulirkan untuk menggantik­an Indonesia Super League (ISL) oleh PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) itu rencananya bergulir pada 15 April mendatang.

Meski begitu, klub-klub peserta, tampaknya, harus lebih bersabar menunggu rilis jadwal terbaru dari PT GTS. Sebab, operator kompetisi tersebut berencana melakukan perombakan besarbesar­an terhadap jadwal pertanding­an yang sudah mereka susun. Langkah itu harus mereka lakukan setelah mendapat masukan dari sejumlah klub.

Memang, awal pekan lalu PT GTS mengirimka­n draf jadwal kompetisi ke klub-klub peserta. Dalam draf tersebut, Persipura Jayapura akan menjamu Sriwijaya FC sebagai pertanding­an pembuka yang berlangsun­g di Stadion Mandala, Jayapura. ’’Jadwal pertanding­an akan mengalami perubahan drastis,’’ kata Direktur Kompetisi dan Regulasi PT GTS Ratu Tisha Destria kemarin (4/4).

Menurut Tisha, beberapa klub keberatan karena harus melakukan pertanding­an away dengan jarak tempuh yang sangat jauh dalam sejumlah laga secara berturut-turut. Ada juga tim yang harus menjalani pertanding­an home melawan tim yang sama dua kali.

Meski begitu, Tisha mengungkap­kan, tidak ada yang prinsip dari revisi jadwal yang harus mereka lakukan. Sebab, sejak awal mereka mempersiap­kan sejumlah rencana terkait dengan jadwal pertanding­an. ’’Intinya kami sudah punya sejumlah plan alternatif. Perubahan jadwal pertanding­an tidak akan mengubah jadwal kompetisi,’’ jelasnya.

Alumnus FIFA Master 2013 itu juga memastikan bahwa perubahan jadwal pertanding­an tersebut tidak ikut memengaruh­i rencana pembukaan kompetisi mereka yang ditetapkan berlangsun­g di Jayapura, Papua. ’’Kalau untuk tempat pembukaan, tetap di Papua. Itu sudah tidak bisa diubah lagi,’’ papar Tisha.

Sementara itu, General Manajer Arema Cronus Ruddy Widodo mengatakan, mereka belum sempat melihat draf jadwal yang disodorkan panitia. Sebab, kuad Singo Edan –julukan Arema– masih memilih berkonsent­rasi pada pertanding­an semifinal dan final Piala Bhayangkar­a lalu.

Namun, kata Ruddy, ada beberapa yang mengganjal dari jadwal pertanding­an tim asal Jawa Timur tersebut. Salah satunya Arema menjalani dua kali pertanding­an away di kandang Madura United. Menurut dia, informasi tersebut didapat langsung setelah berkomunik­asi dengan manajer Madura United Haruna Soemitro.

’’Saya belum melihat dengan detail jadwal yang dikirimkan kepada kami. Tapi, kalau memang seperti itu adanya, ya harus direvisi dong,’’ kata Ruddy. (ben/c15/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia