Jawa Pos

Fokus Kawal Pilkades

Camat Jabon Tak Mau Intervensi

-

JABON – Pemilihan kepala desa (pilkades) sebentar lagi dirasakan masyarakat Sidoarjo, tidak terkecuali warga Kecamatan Jabon. Tahapan pilkades kini memasuki penetapan bakal cakades. Waktunya sejak 28 Maret dan berakhir 6 April lusa.

Camat Jabon Ali Sarbini menyebutka­n, sudah ada lima bakal calon dari dua desa yang menyatakan maju dalam Pilkades 2016. ’’ Ada tiga bakal calon kades dari Desa Kedungrejo dan dua orang dari Desa Kedungpand­an,’’ tutur Ali.

Menurut dia, selama ini pilkades di Jabon selalu berjalan kondusif. Masyarakat cukup kooperatif dalam pesta demokrasi tersebut. Meski demikian, bukan berarti pihaknya tidak menyiapkan pengamanan. Ali menegaskan bahwa penjagaan tetap perlu dilakukan.

Tidak ada perbedaan dalam format penjagaan pada pilkades sebelumnya

Camat Jabon dan sekarang. ’’Masih tetap melibatkan pol PP dan polsek,’’ tuturnya. Namun, Ali belum mengetahui secara pasti mengenai jumlah personel keamanan yang akan diterjunka­n. Yang pasti, jumlahnya menyesuaik­an kebutuhan di lapangan.

Ali menegaskan, sebagai camat, dirinya hanya berperan sebagai fasilitato­r alias penasihat bila ada permasalah­an yang dihadapi masyarakat desa. ’’Seperti menyelengg­arakan forkopimka, diskusi antara pimpinan daerah di satu kecamatan,’’ ungkapnya.

Menurut camat kelahiran Pamekasan tersebut, diskusi terbuka dengan masyarakat menjadi pilihan yang mutakhir. Proses pilkades diserahkan Ali kepada masyarakat Jabon. Dia mengatakan, pihak kecamatan tidak boleh menginterv­ensi jalannya pilkades di Jabon. ”Saya tidak punya wewenang apa pun dalam pilkades,” tegasnya.

Ali juga menuturkan, tahun ini ada peningkata­n jumlah pemilih pemula. Peningkata­nnya 20–30 persen dari total jumlah penduduk Jabon yang mencapai 58 ribu orang dari 15 desa yang ada. Dia berharap para pemilih pemula tersebut bisa berpartisi­pasi penuh dalam pilkades tahun ini. ”Anak muda harus antigolput. Harus memilih,’’ ucapnya. (sam/c17/oni)

Ada tiga bakal calon kades

dari Desa Kedungrejo dan dua orang

dari Desa Kedungpan

dan.’’

 ??  ?? ALI SARBINI
ALI SARBINI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia