Jawa Pos

Desa Pepe Langganan Juara

-

SEDATI – Desa Pepe, Sedati, terus mengukir prestasi. Selain kerap mendapatka­n penghargaa­n di tingkat kecamatan, Desa Pepe sering meraih prestasi di tingkat daerah. Bahkan, tidak sedikit penghargaa­n setingkat provinsi yang berhasil direbut. Pantas jika desa di bagian timur Sidoarjo itu disebut desa sejuta penghargaa­n. Semua berkat budaya tertib arsip.

Penghargaa­n yang kerap diperoleh berkaitan dengan administra­si pemerintah­an. Sebab, pengelolaa­n administra­si di sana sangat detail. Apa pun aktivitas yang dilakukan pihak desa selalu terdata dengan baik. Mulai rapat rutin, acara hiburan kampung, maupun jenis usaha warga. Semua didata dalam kumpulan arsip. Lalu, kumpulan arsip itu disimpan di gudang arsip sesuai dengan jenisnya.

’’Ternyata cuma di balai desa ini yang punya gudang arsip lengkap sejak zaman dulu. Kalau butuh data, tinggal nyari di sana sudah ketemu lengkap uraiannya,’’ ujar Kepala Desa Pepe Muhammad Syaikhul Huda kemarin (4/4).

Gudang arsip itu sangat mendukung keberhasil­an saat lomba. Sebab, data-data persyarata­n lomba mudah ditemukan. Misalnya, ketika mencari warga yang jago membuat kerajinan tangan atau data keuangan desa yang terperinci. ’’ Tiap ada lomba apa pun kami selalu siap, bahkan kalau lombanya mendadak sekalipun. Sebab, tiap hari kami selalu mempersiap­kan diri,’’ ujar Kades lulusan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, itu.

Sikap disiplin juga diterapkan para perangkat desa. Misalnya, masuk dan keluar kantor tepat waktu serta tidak mangkir kerja. Seluruh perangkat desa bekerja sesuai tupoksi masing-masing. ’’Dulu waktu pilih perangkat desa saya wawancarai sendiri, benar-benar saya pilih sesuai keahlian di bidangnya sehingga kerjanya optimal,’’ jelas Syaikhul.

Hingga kini sudah puluhan penghargaa­n diperoleh Desa Pepe. Antara lain, juara II lomba penyelengg­araan kearsipan pemerintah­an desa/kelurahan se-Jawa Timur, juara I lomba penyelengg­araan kearsipan pemerintah­an desa/kelurahan (LPKPD/K) se-Kabupaten Sidoarjo, maupun lomba lain di tingkat kecamatan. Dari tahun ke tahun, Desa Pepe kerap jadi juara. ’’Seringnya kalau di kecamatan biasanya dapat penghargaa­n sebagai juara kehormatan,’’ papar Syaikhul. (uzi/c15/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia